Implementasi Convolutional Neural Network untuk Klasifikasi Pembalap MotoGP Berbasis GPU

  • Afandi Nur Aziz Thohari Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Galuh Boy Hertantyo Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Citra, CNN, Deep Learning, Klasifikasi

Abstract

Salah satu bidang keilmuan baru dalam machine learning yang berkembang akibat perkembangan teknologi GPU adalah deep learning. Adanya deep learning dapat menyelesaikan salah satu masalah dalam visi komputer yaitu klasifikasi objek pada citra. Klasifikasi citra sendiri dapat dikatakan merupakan pekerjaan yang sangat sulit dilakukan komputer karena pada dasarnya komputer hanya menangkap data citra sebagai rentetan nilai dan piksel. Oleh karena itu pada penelitian ini diimplementasikan metode Convolutional Neural Network (CNN) sebagai salah satu model dari deep learning yang memiliki kemampuan yang baik dalam klasifikasi data dengan struktur dua dimensi seperti citra. CNN sendiri pada dasarnya merupakan arsitektur jaringan syaraf tiruan yang memerlukan proses pelatihan berulang-ulang untuk mendapatkan akurasi yang baik. Proses pelatihan dengan CNN akan membutuhkan komputasi yang sangat berat serta waktu yang lama, untuk itu penggunaan performa GPU sangatlah dibutuhkan untuk mempercepat waktu pelatihan. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan epoch sejumlah 150 terhadap citra pembalap MotoGP, menunjukan akurasi sebesar 96,67% terhadap data test dengan waktu pelatihan mencapai 473 detik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik Deep Learning dengan CNN mampu melakukan klasifikasi citra pembalap MotoGP dengan sangat baik. Sedangkan
penggunaan GPU dapat mempercepat proses komputasi hingga 11 kali lipat dibanding jika menggunakan CPU.

References

[1] I. W. S. E. Putra, “Klasifikasi Citra Menggunakan Convolutional Neural Network (Cnn) Pada Caltech 101,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 1, pp. 65–69, 2016.
[2] K. P. Danukusumo, “Implementasi Deep Learning Menggunakan Convolutional Neural Network untuk Klasifikasi Citra Candi Berbasis GPU,” 2017.
[3] Salasabila, “Penerapan Deep Learning Menggunakan Convolutional Neural Network untuk Klasifikasi Citra Wayang Punakawan,” 2018.
[4] K. Simonyan and A. Zisserman, “Very Deep Convolutional Networks for Large-Scale Image Recognition,” pp. 1–14, 2014.
Published
2019-04-16
How to Cite
Thohari, A. N. A., & Hertantyo, G. B. (2019). Implementasi Convolutional Neural Network untuk Klasifikasi Pembalap MotoGP Berbasis GPU. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 50-55. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/9