Pengaruh Dan Peran Media Sosial sebagai Media Pajang Karya Desain Komunikasi Visual (Studi Kasus pada Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Seni)

  • P. Gogor Bangsa Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Keywords: desain grafis, dekontruksi.

Abstract

Perkembangan desain grafis sendiri sangat dipengaruhi oleh teknologi peralatan, teknologi media dan perubahan sosial di masyarakat pada masing-masing masanya. Hal ini membuat desain grafis mau tak mau akhirnya juga bersentuhan dengan bidang lain di luar cetak mencetak yang menjadi ciri khasnya.
Perkembangan teknologi digital disusul kemudian dengan perkembangan teknologi informasi, yaitu dengan kedatangan internet. dekonstruksi adalah sebuah strategi filsafat, politik, dan intelektual untuk membongkar modus membaca dan menginterpretasi yang mendominasi dan menguatkan fundamen hierarki. Dengan demikian, dekonstruksi merupakan strategi untuk menguliti lapisan-lapisan makna yang terdapat di dalam "teks", yang selama ini telah ditekan atau ditindas. Media sosial sendiri terdiri dari teknologi, praktik, atau komunitas onlineyang digunakan masyarakat untuk menghasilkan konten tertentu atau berbagi opini, pemahaman, pengalaman, dan perspektif antara satu sama lain.

References

[1]. _______, Cakap Kecap (1972 – 2003), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia, Jakarta, 2004
[2]. _______, Katalog Pameran Perjalanan Desain Komunikasi Visual dari Masa ke Masa “Lini Masa” Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Jogja National Museum, 26 – 28 Agustus 2017
[3]. Hart, Kevin dalam Beilharz, Peter, Teori-teori Sosial, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2002
[4]. Heller, Steven & Ilic, Mirko, Icons of Graphic Design, Thames and Hudson, London, 2001
[5]. Kardinata, Hanny, Desain Grafis Indonesia dalam Pusaran Desain Grafis Dunia, DGI Press, Jakarta, 2015
[6]. Kasali, Rhenald, Membidik Pasar Indonesia – Segmentasi, Targeting, Positioning, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003
[7]. Livingstone, Alan & Isabella, Encyclopaedia of Graphic Design + Designers, Thames and Hudson, London, 1984
[8]. Mangkoediredjo, R. Soetopo, Sekilas Gambaran Periklanan Tiga Zaman di Indonesia Antara Tahun 1942 – 1952 (Suatu Rekaman Pengalaman), katalog Simposium Desain Grafis, 1989
[9]. Meggs, Philip B.&Puris, Alston W., Meggs’ History of Graphic Design – Fifth Edition, John Wiley & Sons, Inc., New Jersey, 2012
[10]. Munro, Thomas, The Arts and Their Interrelations, The Press of Case Western Reserve University, Cleveland and London, 1969
[11]. Safanayong, Yongky, Desain Komunikasi Visual Terpadu, Arte Intermedia, Jakarta, 2006 www.adcglobal.org
Published
2019-05-09
How to Cite
Bangsa, P. G. (2019). Pengaruh Dan Peran Media Sosial sebagai Media Pajang Karya Desain Komunikasi Visual (Studi Kasus pada Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Seni). Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 433-438. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/77