Pengelolaan Risiko Di Area Brf Plant Roling Mill dengan Pertimbangan Aspek Lopa

  • Hanif Mufidah Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Lukmandono Lukmandono Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Keywords: BRF (Billet Reheating Furnace), LOPA (Layer of Pretection Analysis), IPL (Independent Protection Layer

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan nilai dan kategori level risiko dari komponen mesin yang dipilih pada plant BRF sesuai dengan kriteria mesin kritis. Dari 21 komponen mesin pada BRF dipilih 5 komponen mesin yang masuk dalam kriteria mesin kritis dan harus dilakukan analisa lebih lanjut. Metode ini dipilih yaitu
LOPA, Terlebih dahulu dicari dari nilai frekuensi dari consequence tiap tahunnya, didapatkan 12 consequences. Selanjutnya dilakukan analisa skenario dari 12 consequences dihubungkan dengan safe guard yang sudah ada, dari data safe guard dan consequences akan diperoleh nilai PFD dan IPL untuk selanjutnya akan didapatkan nilai frekuensi dari skenario yang telah dibuat, selanjutnya akan dilakukan analisa dengan LOPA untuk mengetahui level risiko didapatkan 7 level risiko dengan kategori moderate dan 7 risiko dengan kategori low. Dari analisis proses BRF, terdapat beberapa komponen yang memerlukan pengendalian sebagai upaya untuk mengurangi tingkat risiko sehingga menjadi dapat diterima. Upaya pengendalian tersebut merupakan langkah yang harus dilakukan untuk menindaklanjuti kegagalan komponen yang mengakibatkan terganggunya proses produksi.

References

[1] Center for Chemical Process Safety, Layer of Protection Analysis (Simplified Process Risk Assessement), New York: American Institute of Chemical Engineers, 2001.
[2] Firdausi. Kiki, Penerapan Metode Layers of Protection Analysis (LOPA) Pada Refenery 1 (Studi Kasus di PT. X Tbk Unit Refinery Surabaya, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, 2014.
[3] Standards Australia, Risk Management AZ/NZS 4360 : 1999. Standards Association of Australia, Strathfield, NSW 2135, 1999.
Published
2019-05-09
How to Cite
Mufidah, H., & Lukmandono, L. (2019). Pengelolaan Risiko Di Area Brf Plant Roling Mill dengan Pertimbangan Aspek Lopa. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 389-394. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/69