Analisis Performansi Routing Protocol Ospf Dengan Metode Translasi Nat-Pt Ipv4/Ipv6

  • Maryanto Firman Fauzi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Kukuh Nugroho Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Eka Wahyudi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: IP, IPv6, IPv4, OSPF, NAT-PT, QOS

Abstract

Abstrak- Pengalokasian IP (Internet Protocol) sangat dibutuhkan dalam sebuah jaringan komputer. Pengalokasian yang paling mudah adalah menggunakan IPv4, karena IPv4 menggunakan format 32-bit. Akan tetapi penggunaan IPv4 sudah tidak dapat menampung kebutuhan pengalamatan IP saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan alamat IP tersebut dibutuhkan IPv6 karena IPv6 menggunakan jumlah bit yang lebih banyak yaitu 128-bit. Antar perangkat yang menggunakan IPv4 dan IPv6 tidak dapat langsung dihubungkan. Oleh karena itu dibutuhkan metode translasi. Pada penelitian ini akan dianalisa performansi jaringan dimana metode translasi yang digunakan adalah NAT-PT (Network Address Translation – Protocol Translation). Penelitian ini menggunakan parameter performansi jaringan diantaranya adalah throughput , delay, dan packet loss.

References

[1]. Rafiudin, R. (2005). IPv6 Addressing. Jakarta : Kelompok Gramedia.
[2]. Elidjen. Tahun, S., Santoso, B., & Citronegoro, Cipto., (2010). Simulasi Penggunaan IPv6 pada PD. Pumas Jaya Menggunakan Metode Manual Tunneling. ComTech, 1 (2), 711-722.
[3]. Sharma, S., & Kumar, D., (2015). A Simulation Based Analysis of IPv4, IPv6 Migration Techniques, International Journal of Science, Engineering and Technology Research (IJSETR), 4 (6), 1931 – 1934.
Published
2019-05-08
How to Cite
Fauzi, M. F., Nugroho, K., & Wahyudi, E. (2019). Analisis Performansi Routing Protocol Ospf Dengan Metode Translasi Nat-Pt Ipv4/Ipv6. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 351-353. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/62