Implementasi Metode Simple Attribute Rating Technique untuk Menentukan Hasil Tumbuh Kembang Anak Studi Kasus pada Sekolah TK Negeri Pembina I Tarakan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang hasil tumbuh kembang anak yang diberikan kepada orang tua atau wali siswa yang disajikan dalam rapor siswa dengan menggunakan sistem pendukung keputusan (SPK) metode simple multi attribute rating technique (SMART). Kondisi awal sebelum
sistem ini dibuat yaitu masih menyajikan nilai angka pada rapor dengan kriteria penilaian yang cukup banyak sehingga orang tua atau wali siswa jika ingin mengetahui hasil tumbuh kembang anaknya harus bertanya langsung pada wali kelas siswa tersebut, sehingga jelas tingkat objektifitas penilaian berkurang. Metode SMART melakukan pembobotan berdasarkan tingkat kepentingan masing-masing kriteria dimulai dari kriteria yang dianggap paling penting dibandingkan dengan kriteria lain kemudian kriteria yang paling tidak penting dibandingkan dengan kriteria lain, dan kemudian dicari rata-ratanya. Dimana nilai bobot dan nilai akhir nantinya berkisar diantara 10-100. Aplikasi yang akan dibuat tidak hanya untuk penentuan hasil tumbuh kembang anak juga dapat untuk mengolah data nilai rapor seperti input data dan mencetak rapor.
References
[2] Prajitno, S.B. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. http://komunikasi.uinsgd.ac.id/metodologi-penelitiankuantitatif.
[3] Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi.
[4] Budiman,H,D. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Anggota Kepolisian Terhadap Calon Seleksi Alih Golongan(SAG) Menggunakan Metode SMART. Skripsi. Program Studi Ilmu Komputer Fak. MIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
[5] Handoko,M. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Grasindo