Analisis dan Rancang Bangun Sistem Monitoring Tempat Sampah Berbasis IOT menggunakan Protokol MQTT

  • Fildza Amalia Zhafira Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dodi Zulherman Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Herryawan Pujiharsono Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: MQTT, Smart Environtment, ESP8266, Arduino Uno

Abstract

Pada masa ini, baik elemen pemerintah maupun elemen masyarakat sudah mulai ramai mencanangkan Smart City. Smart City merupakan konsep perencanaan kota dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satu komponen utamanya adalah Smart Environtment atau lingkungan pintar. Terciptanya suatu lingkungan pintar akan mendukung kenyamanan masyarakat serta meningkatkan kesehatan masyarakat, juga membantu mengontrol kebersihan tempat sampah pada lingkungan masyarakat, Smart Environtment didukung oleh sebuah konsep Internet of Things yaitu sebuah konsep dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Salah satu penerapan smart environment yang dilakukan adalah dengan membuat sebuah tempat sampah pintar yang mampu mengontol dan mengirimkan data saat tempat sampah sudah mengalami kepenuhan, sehingga mempemudah petugas kebersihan untuk melakukan pembersihan sampah tanpa perlu menghabiskan waktu. Pertukaran data akan menggunakan sebuah protocol MQTT, sebuah protokol yang digunakan untuk implementasi Internet of Things, dan sebuah sensor pengukur jarak yaitu sensor ultrasonic HY-SRF05, Arduino Uno, dan modul wifi ESP8266. Penelitian ini akan menghasilkan nilai delay, packet loss, dan throughput selama pengiriman data.

References

[1] S. Hani, "Sensor Ultrasonik SRF05 Sebagai Memantau Kecepatan Kendaraan Bermotor," IST AKPRIN YOGYAKARTA, Yogyakarta.
[2] ”. S. S. 2. D. Poernomo, "Manajemen Strategis Smart City," SENNASET, Serang, 2015.
[3] R. P. H. N. H. A. Rochman, "Sistem kendali Berbasi Mikrokontroler Menggunakan Protokol MQTT pada Smartphone," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, pp. 445-455, 2017.
[4] T. Community, "Introduction to the "Internet of Things" and ThingSpeak".
[5] P. S. U. S. d. A. Sketch, "Anonymous," 2016.
Published
2019-04-23
How to Cite
Zhafira, F. A., Zulherman, D., & Pujiharsono, H. (2019). Analisis dan Rancang Bangun Sistem Monitoring Tempat Sampah Berbasis IOT menggunakan Protokol MQTT. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 302-307. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/54