Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Fingerprint dan Telephone Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega

  • Ilfiyantri Intyas Akademi Telkom Jakarta
  • Ovny Refi Yesika Akademi Telkom Jakarta
Keywords: Mikrokontroler Arduino Arduino Mega, GSM Module, Selenoid, Keypad, Buzzer, LCD

Abstract

Pada penelitian ini dirancang sebuah system pemberitahuan keamanan rumah dengan menggunakan Fingerprint dan Telephone berbasis Mikro Kontroler Arduino Mega. Alat ini dirancang untuk memudahkan pemilik rumah menggetahui keadaan rumah dan untuk pemberitahuan jika rumah dalam bahaya. Media yang digunakan adalah Heandphone dengan memanfaatkan fasilitas SMS dan CALL kepada security . Alat ini terdiri dari beberapa sensor keamanan dimana sensor keamanan ini meliputi sensor sidik jari dan sensor inframerah, dengan beberapa pendukung lainnya untuk memaksimalkan kinerja dari alat ini seperti: GSM Module, Selenoid, Keypad, dan LCD. Sensor sidik jari berperan penting untuk mengunci dan mengamankan siste, sensor inframerah sama halnya dengan sensor sidik jari akan tetapi sensor inframerah hanya berfungsi ketika sistem terkunci untuk menditeksi hal yang tidak diinginkan, ketika sistem mati dan sensor inframerah menditeksi hal yang tidak diinginkan itu maka, buzzer akan menyala dan gsm shield akan bekerja. Penelitian ini memberikan tingkat keberhasilan pengujian sebesar 100%.

References

[1] Albet Muhammad, Ginta, P.W, Sudarsono A. (2014). “Pembuatan Jendela Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya”. (Diakses pada hari Senin, Mei 22, 2017, 06:21)
[2] Aisyah Soraya Q, Nasution Surya M, Jati Agung N. (2014). ”Perancangan dan Implementasi Sistem Akses Kontrol pada Pintu Berbasis Teknologi Near Field Communication dengan Mikrokontroler Arduino”
[3] yuditya, Erlina Dayanti. “Sistem Pengendali Lampu Ruang Secara Otomatis Menggunakan PC Berbasis Mikro kontroler Arduino uno”. Sekolah Tinggi Informatika STMIK (IKMI). Cirebon, 2013.
[4] Nazruddin Safaat H. “Pemrograman Aplikasi Mobile SmartPhone dan Tablet Berbasis Androi d”.Bandung. Informatika Bandung, 2014.
[5] Rahmat Rafiudin, “IP Routing dan Firewall dalam Linux”. Yogyakarta. Andi Offset. Suarga. M.Sc., Math. M.Ph.D. (2006). “Algoritma pemrograman“. Yogyakarta. Andi Offset, 2012.
[6] Alfirman. (2012). “Penggunaan Port Paraller Komputer dan Sensor untuk Sistem Keamanan Rumah”. (Diakses pada hari Senin, Mei 22, 2017, 06:21)
[7] Zainal Abidin, Susmini Indriani Lestariningati. (2014). “Sistem Keamanan dan Monitoring Rumah Pintar Secara Online Menggunakan Perangkat Mobile”.
[8] Muhammad Syahwil.ST.MT .Paduan mudah dan praktis Mikrokontroller Arduino. Andy,Yogyakarta 2013
[9] Rosdiana Simbolon. (2010). “Sistem Keamanan Rumah Berbasis SMS dan MMS Gateway”.
[10]Lena Sonty, Bagus Bayu Nur Putrawan. (2014). “Perancangan Sistem Pengamanan Rumah Menggunakan Keypad dan Teknologi SMS Berbasis Mikrokontroler”.
Published
2019-04-21
How to Cite
Intyas, I., & Yesika, O. R. (2019). Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Fingerprint dan Telephone Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 283-289. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/51