Analisis Perancangan Sistem Monitoring Level Ketinggian Air Menggunakan Protokol MQTT

  • Tri Rahmat Irianto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Eka Wahyudi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Herryawan Pujiharsono Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Internet of Things (IoT), MQTT, Qos, Thingspeak

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang memberikan dampak kemajuan dalam kehidupan modern. Dengan menggunakan internet seluruh aktifitas dapat di control, yang dinamakan Internetof Things. Protokol MessageQueueTelemtryTransport (MQTT) merupakan protokol komunikasi bersifat publish/subscribe yang digunakan pada konsep IoT yang memiliki konsep sederhana dan ringan pada saat pengiriman data. Protokol ini digunakan untuk komunikasi data machine-to-machine (M2M) seperti perangkat sensor maupun transmisi lainnya yang bekerja pada layer aplikasi. Jika MQTT merupakan protocol yang digunakan pada konsep IoT adapun aplikasi pendukung lainnya diantanya yaitu platfor Thingspeak. Dengan menggunakan platform tersebut kita dapat melihat grafik dari hasil pembacaan sensor, untuk sistemnya harus terkoneksi dengan internet pastinya. Selain semua ini adapun parameter yang digunakan yaitu QualityofService (QoS) merupakan suatu mekanisme jaringan yang memungkinkan suatu aplikasi maupun suatu layanan dapat beroprasi sesuai dengan apa yang diharapkan. Dalam perhitungan parameter tersebut hanya dilihat dari segi Delay, PacketLoss, dan juga Throughput.

References

[1] D. N. H. Apriawan, “Protokol Jaringan Komputer,” IlmuKomputer, vol. 2014, no. 1, pp. 1–5, 2013.
[2] T. Budioko, “Sistem monitoring suhu jarak jauh berbasis internet of things menggunakan protokol mqtt,” Semin. Nas. Ris. Teknol. Inf., vol. 1, no. 30 July, pp. 353–358, 2016.
[3] P. Qos, “Parameter QoS Landasan Teori,” pp. 5–14.
[4] P. Waher, Learning Internet of Things. Brimingham: Packt Publishing, 2015.
Published
2019-04-21
How to Cite
Irianto, T. R., Wahyudi, E., & Pujiharsono, H. (2019). Analisis Perancangan Sistem Monitoring Level Ketinggian Air Menggunakan Protokol MQTT. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 279-282. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/50