Pengukuran Performansi Topologi Tree Jaringan Zigbee (802.15.4) pada Lingkungan yang Mengandung Noise

  • Azharuddin Subhi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muntaqo Alfin Amanaf Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Danny Kurnianto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Zigbeee, Tree, Thriugput, Packet Loss

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi komunikasi saat ini, khususnya komunikasi tanpa kabel / nirkabel (wireless) sudah menjadi suatu kebutuhan masyarakat. Terutama pada masa modern seperti ini masyarakat lebih mengedepankan sesuatu yang praktis digunakan dan mudah didapatkan. Teknologi jaringan wireless ini sudah bukan lagi sebagai teknologi alternatif, dikarenakan teknologi ini lebih mudah di implementasikan pada berbagai macam lingkungan. Teknologi wireless juga lebih fleksibel digunakan karena tidak digunakan kabel sebagai penghubung anatar node atau perangkat. Berbeda dengan teknologi sebelumnya yaitu wireline yang menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui performansi atau kinerja jaringan Zigbee ditempat yang mengandung noise dan tidak mengandung noise dengan kondisi LOS (Line Of Sight). Adapun parameter untuk pengukuran kinerja jaringan diantaranya Throughput, Range Test, Packet Loss, Delay , dan RSSI yang merupakan standar QOS dalam sebuah jaringan. Berdasarkan penelitian nilai throughput paling optimal didapatkan ditempat lokasi yang tidak ada interferensi dengan nilai 3,66 Kbps dengan pengiriman data 15 byte. Nilai packet loss paling optimal didapatkan ditempat yang tidak ada interferensi dengan nilai 0% dengan kondisi semua node mengirim data ke coordinator.
Interferensi, noise dan collision merupakan 3 factor utama menurunnya kualitas kinerja jaringan zigbee dengan topology tree. Dikarenakan apabila suatu paket data yang dikirimkan dan memiliki chanel yang sama dengan perangkat lain, maka bisa menurunkan kualitas kinerja perangkat pemancar dalam memancarkan sinyal dan menerima sinyal. Perangkat pemancar akan kehilangan daya, dan beberapa database bisa hilang.

References

[1] R. W. Muharam, H. Pujiharsono, and M. A. Amanaf, “Analisis performansi protokol zigbe (ieee 802.15.4) pada sistem presensi nirkabel berbasis rfid,” pp. 1–6.
[2] Nurmalia, “PENGUKURAN INTERFERENSI PADA ACCESS POINT (AP) UNTUK MENGETAHUI QUALITY of SERVICE (QoS),”p. 144, 2010.
[3] M. Hammoshi and A. Sayed, “An analysis for a cluster tree Zigbee topology,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 64, no. 3, pp. 674–680, 2014.
[4] Thamrin, “ANALISIS KINERJA JARINGAN WPAN ZegBee,” J. Tek. elektro ITP, vol. 3, no. Januari 2014, pp. 19–27, 2014.
[5] R. Hartono and A. Purnomo, “Wireless Network 802.11,” D3 Ti Fmipa Uns, pp. 1–23, 2011.
[6] P. Rahmiati, G. Firdaus, and N. Fathorrahman, “Implementasi Sistem Bluetooth menggunakan Android dan Arduino untuk Kendali Peralatan Elektronik,” J. ELKOMIKA Inst. Teknol. Nas. Bandung, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2014.
[7] M. R. Arief, “Teknologi Jaringan Tanpa Kabel (Wireless ),” Semin. Nas. Teknol. 2007, vol. 2007,no. November, pp. 1–8, 2007.
[8] P. T. Riska and F. Widiasrini, “Zigbee :Komunikasi Wireless Berdaya Rendah,” Semin.Nas. Apl. Teknol. Inf., vol. 2005, no. Snati, pp. 65–69, 2005.
Published
2019-04-21
How to Cite
Subhi, A., Amanaf, M. A., & Kurnianto, D. (2019). Pengukuran Performansi Topologi Tree Jaringan Zigbee (802.15.4) pada Lingkungan yang Mengandung Noise. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 267-272. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/48