Perancangan dan Analisa Sistem Rekam Medis Rumah Sakit Berbasis Wireless Menggunakan Teknologi RFID Sebagai Identitas

  • Laela Amanatul Fajriyani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Heryawan Pujiharsoono Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Jaenal Arifin Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Rekam Medis, Web, Bahasa C, RFID, Nodemcu ESP8266, Local Area Network, TCP/IP, HTTP

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi semakin berkembang seiring dengan tingginya permintaan layanan komunikasi data. Pada penelitian ini, kegunaan teknologi RFID di implementasikan dengan sistem rekam medis di rumah sakit sebagai teknologi untuk memperbarui sistem rekam medis manual/tradisional. Sistem ini menggunakan RFID reader yang digunakan untuk membaca data dan mengirimkan data menuju web rekam medis dengan media perantara komunikasi serial yang dilakukan oleh Nodemcu Esp8266 yang bertugas untuk melakukan perintah dan menerima beberapa intruksi-intruksi yang spesifik dilakukan dengan cara memprogram sistem dan modul WiFi ESP8266 sebagai protokol pengiriman data  secara peer to peer. Hasil dari pengujian secara keseluruhan dimulai dari RFID tag yang mengirimkan data  berupa kode program nomer kartu bawaan dari RFID tag yang akan dijadikan kartu pasien, kemudian proses pengiriman data dilakukan scan pada RFID reader dengan keluaran pada LCD berupa nomor kartu RFID tag sukses terbaca berupa angka, LED menyala dan Buzzer yang berbunyi yang menandakan data terbaca.Proses pengiriman data selanjutnya antara nodemcu Esp8266 yang terkoneksi internet ke web yang terhubung pada Local Area Network (LAN) dengan menggunakan protokol HTTP. Kemudian nomor kartu akan terbaca pada web bagian halaman scan kartu.

References

[1] J. Kinantang and A. A. Zahra, “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Pasien Pada Rsud Kota Semarang Berbasis Rfid,” TRANSIENT, vol. 4, pp. 2–5, 2015.
[2] E. M. Enny Rachmani, Abdul Syukur, “Desain Model Rekam Medis Elektronic Berbasis Web Untuk Penyakit Kusta di RS Kusta Donorejo Kelet Jepara tahun 2011,”
J. Teknol. Informasi, Vol. 7 Nomor 2, Oktober 2011, ISSN 1414-9999, vol. 7, pp. 225–238, 2011.
[3] A. Riyuska, “Rancang Bangun Sistem Identifikasi Data Pasien pada Rekam Medis Elektronik Menggunakan Teknologi RFID,” J. Fis. Unand, vol. 5, no. 1, pp. 59–
64, 2016.
[4] R. Hartono and A. Purnomo, Wireless Network 802.11. 2011.
Published
2019-04-21
How to Cite
Fajriyani, L. A., Pujiharsoono, H., & Arifin, J. (2019). Perancangan dan Analisa Sistem Rekam Medis Rumah Sakit Berbasis Wireless Menggunakan Teknologi RFID Sebagai Identitas. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 258-262. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/46