Rancang Bangun Smart Room Menggunakan Bluetooth Berbasis Arduino

  • Ghoziy Shibghotullah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Danny Kurnianto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muntaqo Alfin Amanaf Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Smartphone Android, Perintah Suara, Bluetooth, Arduino Uno R3, Relay

Abstract

Faktor keamanan dan kenyamanan yang menjadi masalah utama bagi penghuni kamar kost, walaupun sudah dilengkapi dengan kunci, tidak jarang pintu kamar masih dapat dibuka oleh selain penghuni kamar itu sendiri bahkan oleh pencuri. Hal yang biasa dilakukan adalah dengan memasang kunci tambahan diluar pintu, tetapi hal ini hanya akan menambah ketidakefisienan ketika memasuki kamar kost. Tidak adanya sistem pengontrolan yang baik, mendorong implementasi teknologi untuk membangun sistem yang mampu untuk meningkatkan faktor keamanan dan kenyamanan. Dengan implementasi tersebut, sebuah pengunci pintu, kipas, dan lampu dapat direkontruksi agar penggunaannya lebih efektif dan dihubungkan dengan komunikasi bluetooth. Penerapan bluetooth pada smartphone android terhubung dengan modul bluetooth HC 05 menggunakan Arduino Uno, yang berfungsi sebagai alat kendali otomatis penguci pintu, mengaktifkan kipas, dan mengaktifkan lampu. Dalam pembuatan sistem kendali pada alat ini menggunakan mikrokontroler Arduino Uno R3 sebagai perangkat proses pada rangkaian. Untuk masukkannya sendiri dikontrol oleh aplikasi android dengan berupa perintah suara terhadap Arduino Uno untuk diteruskan ke relay sebagai saklaruntuk perangkat keluaran. Sehingga Arduino Uno dapat menerima data yang dikirim dari aplikasi smartphone android \dengan efektifitas jarak maksimum jika tanpa adanya penghalang sejauh 12 Meter dan efektifitas jarak maksumum jika adanya penghalang sejauh 9
Meter.

References

[1] E. Darsono, Rancang Bangun Pengendali Pintu Dan Lampu Penerang Garasi Berbasis Arduino Dengan Aplikasi Android Bermedia Komunikasi Bluetooth.
Purwokerto: Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto, 2015
[2] S. D. Anggraini, Sistem Pengamanan Pintu Shelter Bts Otomatis Menggunakan Password Berbasis Ponsel Cerdas Android, Modul Bluetooth Dan Arduino Uno.
Purwokerto: Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto, 2015.
[3] F. R. Ahmad, Sistem Kendali Pintu Perangkat MSAN Menggunakan Smartphone Berbasis Near Field Communication Dengan Bluetooth dan Arduino Uno.
Purwokerto: Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto, 2016.
[4] A. S. Handayani et al., “Komunikasi Data Lewat Bluetooth,” 2015. [Online]. Available: hery_h.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/2263/bluetooth+kb14.pdf. [Accessed: 24-Apr-2018].
[5] L. A. Wibisono, Pengendalian “Rool Boot”Menggunakan Android Melalui Bluetooth DanArduino. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma,2016.
[6] P. Rahmiati, G. Firdaus, and N. Fathorrahman, “Implementasi Sistem Bluetooth menggunakan Android dan Arduino untuk Kendali Peralatan Elektronik,” J. ELKOMIKA Inst. Teknol. Nas. Bandung, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2014.
[7] A. Kadir, From Zero to A Pro Arduino, Edisi I.Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2015.
[8] A. David, M. Chinaza, and O. Jotham, “Design And Implementation Of A Door Locking System Using Android App,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 6, no. 08,
pp. 198–203, 2017.
[9] A. G. Ramakumbo, Magnetic Door Lock Menggunakan Kode Pengaman Berbasis At Mega 328, no. 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta,
2012.
[10] S. F. Suyanto Moh Fajar Rajasa, “Rancang Bangun Prototipe Monitoring Suhu Tubuh Manusia Berbasis O.S Android Menggunakan Koneksi Bluetooth,” J.
Tek. ITS, vol. 2, no. Vol 2, No 1 (2013), pp. A213–A216, 2013.
[11] A. Kadir, Buku Pintar App Invertor Tingkat Lanjut, I. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2017.
[12] M. Mujahidin, Network Traffic Management, Quality of Service (Qos), Congestion Control dan Frame Rela. Depok: Universitas Gunadarma.
Published
2019-04-21
How to Cite
Shibghotullah, G., Kurnianto, D., & Amanaf, M. A. (2019). Rancang Bangun Smart Room Menggunakan Bluetooth Berbasis Arduino. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 252-257. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/45