Analisa Performansi Metode Transisi IPv6 Tunneling 6to4 Pada Jaringan MPLS

  • Muhammad Rikhi Roikhan Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dadiek Pranindito Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Kukuh Nugroho Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: IPv4, IPv6, Tunneling 6to4, MPLS

Abstract

Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP) merupakan protokol yang sangat umum digunakan pada jaringan komputer atau internet. Pada saat ini, sebagian besar perangkat yang terhubung dengan jaringan komputer atau internet menggunakan Internet Protocol versi 4 (IPv4). Permasalahan yang muncul setelah penggunaan IPv4 adalah habisnya ketersediaan alamat IPv4. Untuk mengatasi masalah ini, Internet Engineering Task Force (IETF) membangun protokol baru yang disebut IPv6. IPv6 memiliki panjang 128 bit dan mampu menampung total 2128 alamat.. Antar perangkat yang menggunakan IPv4 dan IPv6 tmembutuhkan metode transisi. Tunelling merupakan metode transisi yang menggunakan dua titik sebagai tunnel traffic melalui proses enkapsulasi-dekapsulasi dan melewatkannya di atas jaringan IPv4.. Selain metode transisi, pengguna internet membutuhkan akses internet dengan kualitas yang bagus dan cepat serta jaminan akan keamanan. Internet dengan metode packet forwarding sangat umum digunakan. Salah satu metode packet forwarding yang banyak digunakan ialah MPLS (MultiProtocol Label Switching). Penelitian ini metode transisi tunneling 6to4 dipadukan dengan jaringan MPLS dan layanan video streaming sebagai media uji untuk mengetahui parameter Quality of Service (QoS). Sedangkan untuk merancang dan melakukan simulasi jaringan menggunakan software GNS 3 dan untuk melakukan video streaming menggunakan software VLC. Pengujian pada penelitian ini menggunakan parameter performansi jaringan diantaranya adalah delay, jitter, throughput dan packet loss.

References

[1] R. A. Wibowo, "ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANSI TUNNELING ISATAP DAN TUNNELING 6TO4 PADA JARINGAN FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)," p. 2, 2013.
[2] D. Enache and M. Alexandru, "A STUDY OF THE TECHNOLOGY TRANSITION FROM IPv4 TO IPv6," Review of the Air Force Academy, vol. 1, no. 31, p. 119, 2016.
[3] I. Sofiana, CISCO CCNA-CCNP (ROUTING DAN SWITCHING), BANDUNG: INFORMATIKA PRESS, 2017.
[4] N. Nishant and S. Waichol, "Performance Analysis of MPLS network with Traditional IP Network in Service Provider Environment," International Journal of Advance Research in Computer Engingering & Technology (IJARCET), vol. 3, no. 4, p. 1, 2014.
[5] J. Daniel, IPv6 Introduction and Configuration, San Jose: IBM Redbooks, 2012.
Published
2019-04-21
How to Cite
Roikhan, M. R., Pranindito, D., & Nugroho, K. (2019). Analisa Performansi Metode Transisi IPv6 Tunneling 6to4 Pada Jaringan MPLS. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 240-244. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/43