Analisis Unjuk Kerja Sistem 4-Qam Ofdm Rof yang Menggunakan Sistem Dithering untuk Mengatasi Efek Nonlinier

  • Eka Larasati Choerunisa Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Fauza Khair Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: OFDM-RoF, Dithering, 4-QAM

Abstract

Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) merupakan teknik transmisi data dengan pembawa multicarrier dalam sinyal yang saling tegak lurus. OFDM dapat membawa data berkapasitas tinggi. Radio over Fiber merupakan hybrid teknologi yang menggabungkan teknologi sert optik dan gelombang radio.
Dithering merupakan sebuah proses injeksi ke sinyal periodik untuk sistem linier dan nonlinier untuk mendapatkan tujuan yang digunakan untuk menambah karakteristik linier dari sistem open/close. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unjuk kerja OFDM-RoF dengan menggunakan dithering dengan teknik modulasi 4-QAM (Quadrature Amplitudo Modulation). Hasil simulasi menunjukan bahwa pengaruh besarnya daya pada CW (Continous Wave) Laser, pengaruh dari panjang fiber dan mempengaruhi spectrum sinyal, konstelasi sinyal, dan daya terima pada receiver secara signifikan. Secara analisis sistem yang telah disimulasikan memberikan hasil bahwa variasi daya masukan pada CW Laser dengan daya 8 memberikan hasil konstelasi sinyal yang baik. Namun pada nilai daya -8 dBm mengalami perubahan bentuk sinyal yang kurang baik. Hal ini dipengaruhi pada daya kecil, jika semakin panjang jarak dari fiber maka jarak amplitude juga semakin besar dan noise juga semakin sedikit terjadi. Daya input yang baik digunakan pada sistem yang telah disimulasikan ini adalah pada
daya input besar yaitu 8 dBm.

References

[1] S. M. R. M. H. H. W. P. N. Z. G. S. R. P. A. H. G.-k. C. T. Kanesan, "Spectral Shape Impact of Nonliniear Compensator Signal in LTE-RoF System," Vols. 27, No 23, p. 2481, 2015.
[2] S. H. P. I. W. M. A. S. Fakhriy Hario, "Mitigate Nonlinear Impact of Optical Fiber," 2017.
[3] I. W. M. A. S. S. H. S. M. I. Fakhriy Hario, "A Novel Scheme for Orthogonal Frequency Division Multiplexing-Radio over Fiber Based on Modulator and Dithering Technique : Impact of Self Phase Modulation and Group Velocity Dispersion," p. 117, 2017.
[4] W. P. N. Z. G. C. L. Thavamaran Kanesan, "Investigation of Optical Modulators in Optimized Nonliniear Compensated LTE RoF System," Vols. 32, NO 10, p. 1944, 2014.
[5] A. S. I. W. M. S. M. I. S. H. P. Fakhriy Hario P, "Dithering Analysis in an Orthogonal Frequency Divison Multiplexing-Radio over Fiber Link," Vols. 6, No 3, p. 1112, 2016.
Published
2019-04-21
How to Cite
Choerunisa, E. L., & Khair, F. (2019). Analisis Unjuk Kerja Sistem 4-Qam Ofdm Rof yang Menggunakan Sistem Dithering untuk Mengatasi Efek Nonlinier. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 219-225. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/40