Analisis Rancangan Sistem Pengukuran Denyut Nadi Berbasis Internet of Things

  • Nailis Dyanningrum Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dodi Zulherman Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Herryawan Pujiharsono Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Kesehatan manusia, Pulse sensor, arduino uno, LCD (Liquid Cristal Display), Protokol MQTT, Platform Thingspeak, Modul Wifi ESP8266

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagimanusia salah satunya kesehatan jantung. Kesehatan jantung dapat digunakan sebagai indikatorsehat atau tidaknya tubuh manusia. Manusia dapat mengetahui kesehatan tubuhnya dengan melakukan tes kesehatan di rumah sakit. Tetapi pemeriksaan denyut jantung dibeberapa rumah sakit masih menggunakan sistem manual sehingga dinilai kurang efektif. Oleh karena itu untuk mengetahui kesehatan tubuh manusia diperlukan suatu alat yang lebih praktis, sehingga pada penelitian ini penulis akan membuat sebuah alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi denyut nadi. Perancangan alat pada penelitian ini menggunakan pulse sensor yang ditempelkan pada jari tangan, lalu data akan diproses oleh arduino uno. Setelah diproses data akan dikirimkan oleh arduino uno kepada protokol MQTT dengan platform Thingspeak. Dalam proses pengiriman antar arduino uno ke protokol MQTT membutuhkan sebuah koneksi internet agar data dapat terkirim yaitu dengan menggunakan Modul Wifi ESP8266. Lalu data akan ditampilkan di platform thingspeak dalam bentuk grafik. Selain ditampilkan pada thingspeak, hasil data pengujian dari pulse sensor akan ditampilkan pada LCD dalam bentuk angka. Namundari penelitian ini rata – rata presentase error dari pengujian tersebut diperoleh nilai 3,6%. Jadi dapat disimpulkan bahwa alat yang dirancang dapat digunakan untuk mengukur denyut nadi manusia dengan tingkat akurasi yang sesuai dengan standar pengukuran.

References

[1] M. S. S. H. F. Ramantara Limantara Sidam, “Perancangan Alat Ukur Denyut Nadi Menggunakan Sensor Strain Gauge Melalui Media Bluetooth Smartphone,” e-Proceeding of Engineering, vol. 3, 2 Agustus 2016.
[2] E. R. W. H. F. Muhlis Agung Saputro, “Implemententasi Sistem Monitoring Detak Jantung dan Suhu Tubuh Manusia Secara Wireless,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Kompuer, vol. 1, pp. 148-156, 2 Februari 2017.
[3] A. Junaidi, “Internet Of Things, Sejarah, Teknologi, dan Penerapannya,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 1, 10 Agustus 2015.
[4] A. D. A. F. K. R. M. F. A. P. F. J. P. Galih Yudha Saputra, “Penerapan Protokol MQTT pada Teknologi WAN (Studi Kasus Sistem Parkir Universitas Brawijaya),” Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 12, 2 September 2017.
[5] H. S. S. H. S. Helmy Nurbani, “Perancangan dan Implementasi Alat Pendeteksi Denyut Nadi Berbasis Mikrokontroler,” Jurnal Teknologi Ilmu Terapan, vol. 1, p. 814, 1 April 2015
Published
2019-03-06
How to Cite
Dyanningrum, N., Zulherman, D., & Pujiharsono, H. (2019). Analisis Rancangan Sistem Pengukuran Denyut Nadi Berbasis Internet of Things. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 13-18. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/3