Analisis Usability Website Perguruan Tinggi dengan Kombinasi Metode Entropi dan SAW serta Kaitannya dengan Rilis Webometrics Studi Kasus: Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah

  • Arif Hidayatullah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ridwan Pandiya Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Condro Kartiko Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Website, Usability, Webometrics, Entropi, SAW

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara peringkat l5 website perguruan tinggi dIndonesia khususnya di provinsi Jawa Tengah yang dihitung dengan metode pembobotan Entropi dan metodeperangkingan SAW berdasarkan kriteria usability dengan hasil peringkat yang dirilis Webometrics. Hal indikarenakan perangkingan yang dilakukan oleh Webometrics tidak disertai dengan nilai usability sebagai salahsatu kriteria penilaian, padahal usability termasuk aspek penting dalam sebuah website dilihat dari perspektipengguna dan memiliki kriteria-kriteria yang dapat digunakan untuk melakukan perangkingan terhadap sebuahwebsite diantaranya yaitu Accessibility, Customization & Personalization, Download Speed, Ease of Use, ErrorsNavigation dan Site Content. Data dari ketujuh kriteria tersebut dikumpulkan dengan menggunakan web toolyang tersedia di internet. Data yang sudah dikumpulkan kemudian diolah dengan metode pembobotan Entropdan metode perangkingan SAW. Hasil perangkingan kemudian dibandingkan dengan rangking yang diriliWebometrics pada bulan Januari 2018. Setelah itu dilakukan Spearman Test untuk menguji keterkaitan antarakeduanya. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat keterkaitan antara rangking websiteperguruan tinggi yang dihitung dengan metode pembobotan Entropi dan perangkingan SAW dengan hasiperangkingan Webometrics.

References

[1] M. Miftakhurrohman, “Analisis Usability Website Universitas Di Indonesia Dengan Metode Pembobotan Entropi Serta Metode Perankingan Topsis Dan Kaitannya Dengan Peringkat Rilis Webometrics”, 2014.
[2] B. Supradono, “Strategi Meningkatkan Kinerja Web Universitas Muhammadiyah Semarang Menuju Peringkat Webometrics”, Media Elektrika. vol. 3, no. 1, 2010.
[3] Nielsen J, “Usability Engineering”, San Francisco: Morgan Kaufmann, 1994.
[4] A. Liliana and M. Villota, “Usability of Websites,” 2009.
[5] R. Hanifah, “Perangkingan Usability Website menggunakan Metode Multiple Criteria Decision Analisys”, Jurnal Ticom. vol. 5, no. 1, 2016.
[6] H. Jati, “Usability Ranking of E-Government Website: Grey Analysis Approach”, International Conference on Computer and Computational Intelligence (ICCCI 2011). 2011.
Published
2019-04-21
How to Cite
Hidayatullah, A., Pandiya, R., & Kartiko, C. (2019). Analisis Usability Website Perguruan Tinggi dengan Kombinasi Metode Entropi dan SAW serta Kaitannya dengan Rilis Webometrics Studi Kasus: Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 157-162. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/28