Kualitatif analisis pengalaman dan perilaku komunitas digital di platform Social Network Site (SNS)

  • Rahmania Kumalasari Universitas PGRI Madiun
  • Dhea Adira Titania Universitas PGRI Madiun
  • Diva Yuanisa Nur Berlian
Keywords: komunitas digital, SNS, model konseptual, information overload, thematic analysis

Abstract

Komunitas digital pada platform jejaring sosial adalah sekelompok orang yang memiliki kepentingan dan tujuan yang menggunakan internet dan media sosial sebagai perantara untuk berkomunikasi. Suatu komunitas dianggap demikian jika komunitas tersebut mempunyai pedoman, aturan, kebutuhan, dan sistem keterlibatan dan pengelolaannya sendiri, yang seringkali dipimpin oleh seorang koordinator. Saat ini, banyak komunitas digital yang ada di platform SNS di berbagai bidang. Sayangnya, komunitas-komunitas ini seringkali menimbulkan pengalaman informasi yang berlebihan dan konflik antar anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pengalaman menggunakan situs jejaring sosial dalam komunitas online, mengeksplorasi opini dan perilaku manusia melalui analisis tematik. Fokus penelitian ini pada anggota komunitas di Indonesia yang dikelola oleh organisasi. Studi ini berkontribusi untuk menunjukkan model konseptual dengan tematik analisis untuk memahami dampak situs jejaring sosial terhadap pengalaman dan perilaku komunitas terkait. Hal ini juga memberikan pedoman dari sudut pandang desainer untuk menciptakan platform yang memberdayakan komunitas online sekaligus mengurangi kelebihan informasi dan ketegangan antara anggota komunitas yang menggunakan situs jaringan sosial.

References

R. E. Kraut and P. Resnick, Building successful online communities: Evidence-based social design. Mit Press, 2012.

J. Preece and D. Maloney-Krichmar, ‘Online Communities: Design, Theory, and Practice’, J. Comput. Commun., vol. 10, no. 4, p. JCMC10410, Jul. 2005.

R. Kumalasari and D. Priharsari, ‘Investigating the role of SNS design on COVID-19 information avoidance: the perspectives of the stimulus-organism-response theory’, Telemat. Informatics Reports, vol. 11, p. 100083, 2023.

J. Preece and D. Maloney-Krichmar, ‘Online communities: focusing on sociability and usability’, Handb. human-computer Interact., pp. 596–620, 2003.

J. Saldaña, The coding manual for qualitative researchers. sage, 2016.

J. Rowley, ‘Conducting research interviews’, Manag. Res. Rev., vol. Vol. 35, 2012.

J. W. Creswell, V. L. Plano Clark, M. L. Gutmann, and W. E. Hanson, ‘An expanded typology for classifying mixed methods research into designs’, A. Tashakkori y C. Teddlie, Handb. Mix. methods Soc. Behav. Res., pp. 209–240, 2003.

B. C. K. Choi and A. W. P. Pak, ‘Peer reviewed: a catalog of biases in questionnaires’, Prev. Chronic Dis., vol. 2, no. 1, 2005.

O. Doody and M. Noonan, ‘Preparing and conducting interviews to collect data’, Nurse Res., vol. 20, no. 5, 2013.

V. Braun and V. Clarke, ‘Using thematic analysis in psychology’, Qual. Res. Psychol., vol. 3, no. 2, pp. 77–101, 2006.

V. Braun and V. Clarke, ‘Using thematic analysis in psychology Using thematic analysis in psychology’, no. January 2013, pp. 37–41, 2008.

J. W. Creswell, Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications, 2017.

K. Wahl-Jorgensen, ‘The Affordances of Interview Research on Zoom: New Intimacies and Active Listening’, Commun. Cult. Crit., vol. 14, no. 2, pp. 373–376, Jun. 2021.

Published
2024-01-16
How to Cite
Kumalasari, R., Titania, D., & Nur Berlian, D. (2024). Kualitatif analisis pengalaman dan perilaku komunitas digital di platform Social Network Site (SNS). Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 876-882. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/261