Penerapan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran ipa anatomi tubuh manusia berbasis android dengan metode MDLC
Studi Kasus: MTs Ma’arif NU 1 Kembaran
Abstract
Di era revolusi 4.0, pendidik perlu memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan siswa dan mempercepat pemahaman konsep pembelajaran. Salah satu alat bantu yang dibutuhkan guru mata pelajaran IPA dalam pembelajaran adalah bahan ajar. Saat ini, MTs Ma'arif NU 1 Kembaran masih mengandalkan papan tulis dan buku sebagai media pendukung pembelajaran dalam materi sistem ekskresi pada manusia. Akibatnya, siswa mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan sistem ekskresi pada manusia yang sedang mereka pelajari. Untuk mempermudah pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran, peneliti telah membuat sebuah aplikasi sebagai media pendukung. Aplikasi ini menggunakan teknologi augmented reality berbasis mobile dan dapat diakses melalui smartphone android. Tujuannya adalah menampilkan gambaran anatomi tubuh manusia secara lebih menarik dan real-time. Dalam penggunaannya, aplikasi ini memanfaatkan kamera pada smartphone. Aplikasi dibuat menggunakan metode multimedia development life cycle. Setelah proses pembuatan selesai, aplikasi kemudian menjalani pengujian black box testing dan system usability scale (SUS). Hasil pengujian black box testing menunjukkan adanya beberapa ketidaksesuaian dalam fungsionalitas sistem. Presentase keberhasilan proses sistem mencapai 90% (sembilan puluh persen). Hasil pengujian SUS menunjukkan skor rata-rata sebesar 71,17 (tujuh puluh satu koma tujuh belas). Rincian hasil pengujian menunjukkan bahwa Skala Nilai berada pada posisi C, Rentang Penerimaan berada dalam kategori acceptable high dan Penilaian Keterangan berada dalam kategori ok. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa pengguna aplikasi merasa bahwa tingkat efektivitas dan kepuasan terhadap sistem terukur cukup baik berdasarkan penilaian subjektif mereka.
References
M. K. Sugandi and A. Rasyid, “Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi
Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep
Ekosistem,” BIODIK, vol. 5, no. 3, pp. 181–196, Dec. 2019, doi: 10.22437/bio.v5i3.7869.
F. Z. Adami and C. Budihartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media
Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, vol. 2,
no. 1, pp. 122–131, 2016.
A. Pamungkas, B. Subali, and S. Linuwih, “Implementasi model pembelajaran IPA berbasis
kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa,” Jurnal Inovasi Pendidikan
IPA, vol. 3, no. 2, pp. 118–127, 2017.
A. R. Saputra, H. Tolle, and M. A. Akbar, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk
Pengenalan Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Jurnal
Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 7, pp. 7006–7013, 2019.
K. R. Ramdhan, Y. I. Nurhasanah, and R. Korio Utoro, “Aplikasi media pembelajaran tulang
manusia menggunakan augmented reality (ar) berbasis android,” Jurnal Teknik Informatika dan
Sistem Informasi, vol. 3, no. 3, 2017.
A. Latif and S. H. D. Loppies, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA
APLIKASI PEMBELAJARAN ANATOMI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: SMP MUHAMMADIYAH MERAUKE,”
MUSTEK ANIM HA, vol. 8, no. 2, pp. 141–147, Aug. 2019, doi: 10.35724/mustek.v8i2.2676.
D. I. Putri, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “Perancangan Aplikasi Multimedia untuk
Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia untuk Sekolah Dasar,” Jurnal Teknologi dan Sistem
Komputer, vol. 4, no. 1, p. 124, Jan. 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.124-132.
Y. Fernando, I. Ahmad, A. Azmi, and R. I. Borman, “Penerapan Teknologi Augmented Reality
Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” J-SAKTI (Jurnal
Sains Komputer Dan Informatika), vol. 5, no. 1, pp. 62–71, 2021.
Y. S. Nauko and L. N. Amali, “Pengenalan anatomi tubuh menggunakan teknologi augmented
reality berbasis android,” Jambura Journal of Informatics, vol. 3, no. 2, pp. 66–76, 2021.
F. M. H. Tjiptabudi, “Evaluasi Kegunaan Sistem Informasi Pelintas Batas Wilayah Negara
(Sintaswin) Pada PLBN Terpadu di Nusa Tenggara Timur,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 4, no.
, Nov. 2018, doi: 10.54914/jtt.v4i1.101.
N. E. Purwoko and B. Parga Zen, “Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking”, Media Sisfo, vol. 17, no. 2, pp. 302–312, Oct. 2023.
T. A. F. Shaquille and B. Parga Zen, “Pengembangan Media Adobe Animate Pembelajaran Multimedia Interaktif Bahasa Inggris dengan Model Addie”, Media Sisfo, vol. 17, no. 2, pp. 252–265, Oct. 2023.