Penerapan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran ipa anatomi tubuh manusia berbasis android dengan metode MDLC

Studi Kasus: MTs Ma’arif NU 1 Kembaran

  • Naufal Yusuf Kartiko IT Telkom Purwokerto
  • Zahra Puspita Paramastri Insitut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Wahyu Andi Saputra
Keywords: Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle, Media Pembelajaran, Sistem Ekresi Pada Manusia.

Abstract

Di era revolusi 4.0, pendidik perlu memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan siswa dan mempercepat pemahaman konsep pembelajaran. Salah satu alat bantu yang dibutuhkan guru mata pelajaran IPA dalam pembelajaran adalah bahan ajar. Saat ini, MTs Ma'arif NU 1 Kembaran masih mengandalkan papan tulis dan buku sebagai media pendukung pembelajaran dalam materi sistem ekskresi pada manusia. Akibatnya, siswa mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan sistem ekskresi pada manusia yang sedang mereka pelajari. Untuk mempermudah pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran, peneliti telah membuat sebuah aplikasi sebagai media pendukung. Aplikasi ini menggunakan teknologi augmented reality berbasis mobile dan dapat diakses melalui smartphone android. Tujuannya adalah menampilkan gambaran anatomi tubuh manusia secara lebih menarik dan real-time. Dalam penggunaannya, aplikasi ini memanfaatkan kamera pada smartphone. Aplikasi dibuat menggunakan metode multimedia development life cycle. Setelah proses pembuatan selesai, aplikasi kemudian menjalani pengujian black box testing dan system usability scale (SUS). Hasil pengujian black box testing menunjukkan adanya beberapa ketidaksesuaian dalam fungsionalitas sistem. Presentase keberhasilan proses sistem mencapai 90% (sembilan puluh persen). Hasil pengujian SUS menunjukkan skor rata-rata sebesar 71,17 (tujuh puluh satu koma tujuh belas). Rincian hasil pengujian menunjukkan bahwa Skala Nilai berada pada posisi C, Rentang Penerimaan berada dalam kategori acceptable high dan Penilaian Keterangan berada dalam kategori ok. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa pengguna aplikasi merasa bahwa tingkat efektivitas dan kepuasan terhadap sistem terukur cukup baik berdasarkan penilaian subjektif mereka.

References

M. K. Sugandi and A. Rasyid, “Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi

Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep

Ekosistem,” BIODIK, vol. 5, no. 3, pp. 181–196, Dec. 2019, doi: 10.22437/bio.v5i3.7869.

F. Z. Adami and C. Budihartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media

Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, vol. 2,

no. 1, pp. 122–131, 2016.

A. Pamungkas, B. Subali, and S. Linuwih, “Implementasi model pembelajaran IPA berbasis

kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa,” Jurnal Inovasi Pendidikan

IPA, vol. 3, no. 2, pp. 118–127, 2017.

A. R. Saputra, H. Tolle, and M. A. Akbar, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk

Pengenalan Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Jurnal

Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 7, pp. 7006–7013, 2019.

K. R. Ramdhan, Y. I. Nurhasanah, and R. Korio Utoro, “Aplikasi media pembelajaran tulang

manusia menggunakan augmented reality (ar) berbasis android,” Jurnal Teknik Informatika dan

Sistem Informasi, vol. 3, no. 3, 2017.

A. Latif and S. H. D. Loppies, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA

APLIKASI PEMBELAJARAN ANATOMI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH

PERTAMA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: SMP MUHAMMADIYAH MERAUKE,”

MUSTEK ANIM HA, vol. 8, no. 2, pp. 141–147, Aug. 2019, doi: 10.35724/mustek.v8i2.2676.

D. I. Putri, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “Perancangan Aplikasi Multimedia untuk

Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia untuk Sekolah Dasar,” Jurnal Teknologi dan Sistem

Komputer, vol. 4, no. 1, p. 124, Jan. 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.124-132.

Y. Fernando, I. Ahmad, A. Azmi, and R. I. Borman, “Penerapan Teknologi Augmented Reality

Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” J-SAKTI (Jurnal

Sains Komputer Dan Informatika), vol. 5, no. 1, pp. 62–71, 2021.

Y. S. Nauko and L. N. Amali, “Pengenalan anatomi tubuh menggunakan teknologi augmented

reality berbasis android,” Jambura Journal of Informatics, vol. 3, no. 2, pp. 66–76, 2021.

F. M. H. Tjiptabudi, “Evaluasi Kegunaan Sistem Informasi Pelintas Batas Wilayah Negara

(Sintaswin) Pada PLBN Terpadu di Nusa Tenggara Timur,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 4, no.

, Nov. 2018, doi: 10.54914/jtt.v4i1.101.

N. E. Purwoko and B. Parga Zen, “Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking”, Media Sisfo, vol. 17, no. 2, pp. 302–312, Oct. 2023.

T. A. F. Shaquille and B. Parga Zen, “Pengembangan Media Adobe Animate Pembelajaran Multimedia Interaktif Bahasa Inggris dengan Model Addie”, Media Sisfo, vol. 17, no. 2, pp. 252–265, Oct. 2023.

Published
2023-12-14
How to Cite
Kartiko, N., Paramastri, Z., & Saputra, W. (2023). Penerapan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran ipa anatomi tubuh manusia berbasis android dengan metode MDLC. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 24-33. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/252