Perancangan Model Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) Pada PT XYZ

  • Yusuf Saputro UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Cahyono Sigit Pramudyo UIN Sunan Kalijaga
Keywords: AHP, Penilaian Kerja, Perancangan Model

Abstract

PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pembuatan mesin di Yogyakarta. Dalam kurun waktu 6 bulan, PT XYZ melakukan penilaian kinerja terhadap para karyawannya guna mengetahui nilai masing-masing karyawan yang nantinya akan digunakan sebagai pemberian insentif. Metode dan kriteria penilaian yang digunakan sebelumnya masih sangat sederhana sehingga belum dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan pemberian insentif. Dalam penelitian ini, AHP digunakan untuk menentukan bobot dari masing-masing kriteria. Hasil pembobotan kriteria digunakan untuk penilaian kinerja dalam Rating Scale. Hasil yang didapat dari perhitungan AHP dan Rating Scale yaitu 12 operator produksi yang mendapatkan insentif sebesar 6% gaji dan 6 operator produksi yang mendapatkan insentif sebesar 4% gaji.

References

Sylvia, Tenny. 2013. Penilaian Kinerja Karyawan Bagian Personalia Berdasarkan Kompetensi Dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process (ANP) Dan Rating Scale (Studi Kasus Di Pg.Pesantren Baru, Kediri). Jurnal Industria 2013 Vol2 No 2 Hal: 129 – 140.

Mondy, R. W. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh, Jilid 1. Jakarta. Erlangga.

Ilhami. R. S., dan Rimantho, D. 2017. Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri Vol 6 No 2, Jakarta.

Evita, S.N. 2017. Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale Dan Management By Objectives (Studi Kasus Pada PT Qwords Company International), Pebkis Jurnal Vol 9 No 1, Sumedang.

Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. Erlangga

Published
2024-01-29
How to Cite
Saputro, Y., & Pramudyo, C. (2024). Perancangan Model Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) Pada PT XYZ. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 566-573. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/246