Analisis pengendalian mutu pada proses packaging dalam terhadap produk nugget di PT XYZ

  • Dina Rachmawaty Teknik Industri Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Haniefa Nur Azizah Teknik Industri Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Fishbone, Nugget, Pengendalian Mutu

Abstract

Selama proses produksi pembuatan nugget, kualitas pada setiap prosesnya selalu diperhatikan guna menjaga mutu produk. Pada akhir proses produksi, nugget akan dikemas untuk menjaga kualitas dan umur simpan produk selama proses distribusi dan penyimpanan berlangsung. Proses pengemasan terbagi menjadi dua proses yakni pengemasan dalam dan pengemasan luar. Pengemasan dalam atau biasa disebut dengan packing dalam adalah kemasan primer pada produk nugget. Sedangkan, pengemasan luar atau biasa disebut packing luar merupakan pengemasan sekunder lanjutan dari pengemasan primer. Proses pengemasan pada perusahaan umumnya melibatkan manusia dan mesin. Hubungan antara satu sama lainnya dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas produk pada lantai produksi khususnya dalam proses pengemasan. Oleh sebab itu pengendalian kualitas pada proses pengemasan nungget diperlukan untuk meminimalisir kerusakan produk. Tujuannya adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pengemasan menggunakan metode analisis fishbone. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lima jenis cacat pada kemasan serta faktor yang paling berpengaruh adalah faktor dari manusia. Human error disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang teliti, lelah, bosan dan lain-lain. Selain itu terdapat human error yang disebabkan oleh kemampuan dari operator itu sendiri yang dipengaruhi oleh faktor motivasi dan skill yang dimiliki operator. Untuk mengatasi faktor kemampuan operator perlu adanya pelatihan kerja oleh Perusahaan.

References

Kaban, R. 2021. Pengendalian Kualitas Kemasan Plastik Pouch Menggunakan Statistical Procces Control ( Spc ) di PT Incasi Raya Padang. 13(1), 518–547.

Nursyamsi, I., & Momon, A. 2022. Analisa Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Seven Tools untuk Meminimalkan Return Konsumen di PT. XYZ. VII (1), 2701–2708.

Setyoadjie, A. 2019. Produk Chicken Nugget di PT. Charoen Pokphand Indonesia Food Division Plant Salatiga.

Tirta. 2020. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE). 1–14

Untan, J. 2021. Analisis Fishbone Diagram Untuk Mengevaluasi Pembuatan Peralatan Aluminium. 10(1), 4–6.

Published
2023-12-21
How to Cite
Rachmawaty, D., & Azizah, H. (2023). Analisis pengendalian mutu pada proses packaging dalam terhadap produk nugget di PT XYZ. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 208-214. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/242