Analisis penerapan total quality management (TQM): pada cristall party planner purwokerto
Pada Cristall Party Planner Purwokerto
Abstract
Pada era globalisasi seperti saat ini, persaingan bisnis di tingkat global mendorong perusahaan untuk terus mengembangkan diri, fokus pada efektivitas operasional, dan meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Total Quality Management (TQM) muncul sebagai solusi efektif untuk menjaga kesehatan perusahaan, memberikan keunggulan kompetitif, dan menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Penilaian kinerja karyawan menjadi instrumen penting dalam mengevaluasi kemajuan perusahaan dan individu. Dalam konteks TQM, peran karyawan memiliki signifikansi besar, dan sistem penilaian kinerja menjadi kunci utama dalam penerapan konsep ini. Studi kasus pada Cristall Party Planner, sebuah perusahaan Event Organizer, menyoroti keterlibatan karyawan dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan acara. Karyawan tidak hanya berkontribusi pada kreativitas dan perencanaan, tetapi juga aktif menangani situasi saat pelaksanaan acara. Tanggung jawab penuh diberikan kepada karyawan dalam menerapkan perubahan dan meningkatkan kualitas acara. Perusahaan juga mengusung konsep perbaikan berkesinambungan dengan penekanan pada kolaborasi internal, penetapan standar operasional prosedur yang jelas, dan strategi pembaruan penjualan. Identifikasi dan perbaikan terhadap berbagai aspek operasional, seperti waktu pemrosesan order, memperkuat komitmen perusahaan terhadap perbaikan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cristall Party Planner secara efektif menerapkan prinsip-prinsip TQM dengan mengintegrasikan keterlibatan karyawan, perbaikan berkesinambungan, dan penilaian kinerja. Perusahaan ini menjaga kualitas layanan dan merespons dinamika pasar dengan adaptabilitas yang tinggi, menciptakan landasan yang kuat untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.
References
Badzaly, F. N., & Fitriah, E. (2021). Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 66–71. https://doi.org/10.29313/jra.v1i2.411
Gumolili, S. O. P., Morasa, J., & Wokas, H. R. N. (2021). Analisis Implementasi Total Quality Management (Tqm) Pada Pt. Bank Sulutgo Manado Analysis of The Implementation Of Total Quality Management (Tqm) At Pt. Bank Sulutgo Manado. In 1510 Jurnal EMBA (Vol. 9, Issue 3).
Ramadani, F. (2020). Analisis Penerapan Total Quality Management Dalam Menjaga Kualitas Produk Air Mineral Dalam Kemasan Merek Sabina Pada Pt. Sabina Tirta Utama Samarinda. 8(2), 111–117.
Serang, S., Suriyanti, S., & Ramlawati, R. (2023). Analisis Total Quality Management (Studi Pada Pt. Ukhuwah Umi Industri TH 2021). Jesya, 6(1), 760–770. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.987
Tiho, R., H Jan, A. B., & Karuntu, M. M. (2022). Analisis Penerapan Total Quality Management (Tqm) Untuk Meningkatkan Kinerja Manajerial Pada Pt. Dayana Cipta Manado. 10(1), 1147–1156.
Tiho, R., H Jan, A. B., Karuntu, M. M., Tiho, R., H Jan, A. B., Karuntu, M. M., Ekonomi dan Bisnis, F., & Manajemen Universitas Sam Ratulangi, J. (2022). Analisis Penerapan Total Quality Management (Tqm) Untuk Meningkatkan Kinerja Manajerial Pada Pt. Dayana Cipta Manado Analysis of Application Of Total Quality Management (Tqm) To Improve Managerial Performance At Pt. Dayana Cipta Manado. 10(1), 1147–1156.