Analisis Penentu Pengaruh Niat Berkelanjutan untuk Penggunaan Digital Technologies Learning Management System (Studi Kasus: Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan instruktur terhadap penggunaan Learning Management System (LMS) di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP). Populasi sebanyak 183 dosen, dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 126 responden. Temuan penelitian ini menguji sebelas hipotesis yang melibatkan variabel seperti kecemasan terhadap komputer, pengalaman instruktur dengan teknologi, inovasi pribadi instruktur, kualitas sistem dan informasi LMS, kualitas layanan LMS, dukungan manajemen, kebijakan insentif, dan pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan terhadap komputer, pengalaman instruktur dengan teknologi, inovasi pribadi instruktur, kualitas sistem LMS, dan kebijakan insentif tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan instruktur terhadap LMS. Sementara itu, kualitas informasi LMS, dukungan manajemen, dan kepuasan instruktur terhadap LMS memiliki hubungan positif yang signifikan. Namun, kualitas layanan LMS dan pelatihan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan instruktur. Temuan utama penelitian adalah bahwa kepuasan instruktur terhadap LMS secara signifikan mempengaruhi niat penggunaan berkelanjutan LMS dalam pembelajaran berbasis teknologi. Kepuasan instruktur juga terkait positif dengan niat mereka untuk menggunakan LMS secara murni dalam pendidikan jarak jauh. Untuk meningkatkan adopsi dan penggunaan berkelanjutan LMS di ITTP, perlu diperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan instruktur, terutama dalam hal kualitas informasi LMS dan dukungan manajemen. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks pengembangan kebijakan dan implementasi LMS di perguruan tinggi teknologi.
References
E. V. Ginting, R. R. Ginting, R. J. Hasibuan, and L. M. Perangin-angin, “Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang,” J. Pendidik. Indones., vol. 3, no. 4, pp. 407–416, 2022, [Online]. Available: https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/778
F. Island, G. Islands, Y. Fuke, T. Iwasaki, M. Sasazuka, and Y. Yamamoto, “Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” vol. 12, pp. 29–40, 2021.
I. Y. Alyoussef, “Acceptance of e-learning in higher education: The role of task-technology fit with the information systems success model,” Heliyon, vol. 9, no. 3, p. e13751, 2023, doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e13751.
I. Liempepas, Meichael, and S. O. Siihombing, “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Berkelanjutan : Studi Empiris Pada Mobile Banking Bca,” J. Ris. Manaj. Sains Indones. (JRMSI ), vol. 10, no. 2, pp. 306–336, 2019.
K. A. Al-Busaidi and H. Al-Shihi, “Key Factors to Instructors’ Satisfaction of Learning Management System in Blended Learning,” J. Comput. High. Educ., vol. 24, no. 1, pp. 18–39, 2022, doi: 10.1007/s12528-011-9051-x.
D. M. Ball and Y. Levy, “Emerging Educational Technology : Assessing the Factors that Influence Instructors ’ Acceptance in Information Systems and Other Classrooms,” J. Inf. Syst. Educ., vol. 19, no. 4, pp. 431–444, 2008.
T. Teo, “Modelling technology acceptance in education: A study of pre-service teachers,” Comput. Educ., vol. 52, no. 2, pp. 302–312, 2009, doi: 10.1016/j.compedu.2008.08.006.
H. Mahdizadeh, H. Biemans, and M. Mulder, “Determining factors of the use of e-learning environments by university teachers,” Comput. Educ., vol. 51, no. 1, pp. 142–154, 2008, doi: 10.1016/j.compedu.2007.04.004.
E. M. van Raaij and J. J. L. Schepers, “The acceptance and use of a virtual learning environment in China,” Comput. Educ., vol. 50, no. 3, pp. 838–852, 2008, doi: 10.1016/j.compedu.2006.09.001.
M. I. Sys-, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success : A Ten-Year Update,” vol. 19, no. 4, pp. 9–30, 2003.
S. S. Liaw, H. M. Huang, and G. D. Chen, “Surveying instructor and learner attitudes toward e-learning,” Comput. Educ., vol. 49, no. 4, pp. 1066–1080, 2007, doi: 10.1016/j.compedu.2006.01.001.
A. Albirini, “Teachers’ attitudes toward information and communication technologies: the case of Syrian EFL teachers,” Comput. Educ., vol. 47, no. 4, pp. 373–398, 2006, doi: 10.1016/j.compedu.2004.10.013.
M. Sumner and D. Hostetler, “Factors influencing the adoption of technology in teaching,” J. Comput. Inf. Syst., vol. 40, no. 1, pp. 81–87, 1999.
I. H. Hatta and W. Rachbini, “Budaya Organisasi, Insentif, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Karyawan pada PT Avrist Assurance,” J. Manaj., vol. 19, no. Februari 2015, pp. 74–84, 2015, doi: 10.24912/jm.v19i1.106.
B. Suwardi and Z. Baridwan, “The Impact of Computer Anxiety, Personal Innovativeness in Information Technology, and Computer Experience on Computer Self-Efficacy”.
A. Sobri Shuib, M. Nidzam Yaakob, and A. Sarkowi, “Pengaruh Pengalaman Teknologi, Peluang dan Kesediaan Terhadap Penggunaan,” J. Pendidik. Dedik. IPG Kampus Ipoh, vol. 14, pp. 131–149, 2018.
D. Yadewani, M. Lukman Arief, and W. Indah Mursalini, “Pengaruh Pemanfaatan Platform Sosial Media Pada Era Digital Terhadap Prestasi Mahasiswa Influence of Social Media Platform Utilization in Digital Disrupsy Era on Student Achievements,” J. Apresiasi Ekon., vol. 8, no. 3, pp. 521–527, 2020.
S. Pawirosumarto, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning,” J. Ilm. Manaj., vol. VI, pp. 416–433, 2016.
B. S. Luhgiatno and P. Wahyunigsih, “Analisis Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dukungan Manajemen Puncak dan Pengetahuan Manajer Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro,” J. Ilm. Fokus Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2022.
K. M. Utami and D. N. S. Werastuti, “Pengaruh Penerapan, Pelatihan Pengguna Dan Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan: Studi Pada Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng,” J. Ilm. Mhs. Akunt., vol. 13, pp. 1344–1355, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/38962
W. S. Lin and C. H. Wang, “Antecedences to continued intentions of adopting e-learning system in blended learning instruction: A contingency framework based on models of information system success and task-technology fit,” Comput. Educ., vol. 58, no. 1, pp. 88–99, 2012, doi: 10.1016/j.compedu.2011.07.008.
K. A. Pituch and Y. kuei Lee, “The influence of system characteristics on e-learning use,” Comput. Educ., vol. 47, no. 2, pp. 222–244, 2006, doi: 10.1016/j.compedu.2004.10.007.