Penerapan Six Sigma Terhadap Peningkatan Kualitas dan Efisisensi di Lembaga Pelayanan Pendidikan ITTP

  • Hanida Randi Abelia Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Timaya Wati Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Hanin Salma Hanifah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dwi Mustika Kusumawardani Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan Six Sigma terhadap peningkatan kualitas dan efisiensi di Lembaga Pelayanan Pendidikan Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode tambahan khusus, seperti penelitian lapangan, studi literatur, dan analisis data. Subjek penelitian ini adalah staf, dan mahasiswa di lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan pada proses layanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kurangnya pelayanan yang diberikan oleh staf administrasi akademik dengan tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan six sigma dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan yang diberikan oleh lembaga tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan lembaga pelayanan pendidikan Institut Teknologi Telkom Purwokerto serta dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan lainnya dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan yang diberikan.

References

J. G. Condrokirono, S. R. F. Sugiono, and A. Evanandy, “Implementasi Six Sigma pada Organisasi Sekolah,” ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 161–180, Jun. 2021, doi: 10.28926/ilkomnika.v3i1.172.

A. Widodo and D. Soediantono, “Benefits of the Six Sigma Method (DMAIC) and Implementation Suggestion in the Defense Industry: A Literature Review,” INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS), vol. 3, no. 3, 2022.

U. of M. F. Dr. Quamrul H. Mazumder, “Applying Six Sigma in Higher Education Quality Improvement,” 2014.

H. Sirine, E. P. Kurniawati, S. Pengajar, F. Ekonomika, D. Bisnis, and U. Salatiga, “PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus pada PT Diras Concept Sukoharjo),” 2017. [Online]. Available: http://www.dirasfurniture.com

Published
2024-01-31
How to Cite
Abelia, H., Wati, T., Hanifah, H., & Kusumawardani, D. (2024). Penerapan Six Sigma Terhadap Peningkatan Kualitas dan Efisisensi di Lembaga Pelayanan Pendidikan ITTP. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 520 - 523. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/216