S Sistem Informasi Pemesanan Rumah Kost di Wilayah Purwokerto Utara Berbasis Web

  • Yustina Meisella Kristania Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Sistem Informasi, Pemesanan, Kost, Website

Abstract

Teknologi internet saat ini sudah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, salah satunya dalam bidang sistem informasi. Sistem informasi telah membantu semua orang sehingga dapat memberikan berbagai kemudahan. Salah satunya sistem informasi dapat membantu pelajar dan masyarakat umum atau pekerja dalam mencari tempat kost bagi yang sedang menjalankan studi atau yang sedang bekerja di luar kota, selain itu sistem informasi juga membantu para pemilik kost untuk mempromosikan tempat kostnya. Salah satu kendala bagi mahasiswa adalah sulitnya dalam mencari tempat kost yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, mengingat apabila mahasiswa tersebut tidak tahu daerah yang akan dijadikan tempat tinggal untuk sementara. Tujuan dari pembuatan sistem informasi rumah kost berbasis website ini adalah untuk mempermudah pelajar dalam mencari tempat kost dan memberikan informasi detail tentang gambaran kost tersebut, serta membantu pemilik kost dalam mempromosikan tempat kostnya secara online. Yang dilakukan pada sistem ini adalah mencari kriteria tempat kost yang sesuai dengan kebutuhan serta dapat melakukan pemesanan tempat kost secara online. Website ini dibuat dengan menggunakan metode observasi, wawancaran, studi kepustakaan serta metode air terjun. software yang digunakan adalah PHPMyAdmin untuk menjalankan web servernya, MySQL untuk pengelolaan database, dan Atom text editor

References

L. Muslim, B., & Dayana, “Kota Pagar Alam Berbasis Web,” vol. 7, pp. 36–49, 2016.

S. Setyawan, “Pola Proses Penyebaran Dan Penerimaan Informasi Teknologi Kamera DSLR,” Komuniti, vol. 9, no. 2, pp. 146–156, 2017.

E. C. Herdianto, K. W., & Nugroho, “Sistem Informasi Rumah Kost Berbasis Android Di Wilayah Aub Surakarta,” Ilm. Go Infotech, vol. 22, no. 2, pp. 39–44, 2016.

J. Yunita, I., & Devitra, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET PADA SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI.” 2017.

R. dan S. M A.S., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2018.

S. Maria, “Perancangan Aplikasi CRM Reservasi Kamar Berbasis Web Pada Hotel Mariani,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 1, pp. 49–60, 2018.

O. Oktaviyani and V. Julianto, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TOWER SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI (SUTT) (Studi Kasus : PT PLN (Persero) AP2B Sistem Kalsel-Teng),” J. Sains dan Inform., vol. 3, no. 2, pp. 68–75, 2017, doi: 10.34128/jsi.v3i2.102.

A. Mulyani and Dale, “Aplikasi Warehouse Controling Berbasis Android,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 2, no. 4, pp. 46–54, 2018.

Published
2024-02-02
How to Cite
Kristania, Y. (2024). S Sistem Informasi Pemesanan Rumah Kost di Wilayah Purwokerto Utara Berbasis Web. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 694-699. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/204