Analisis Perancangan Aplikasi Layanan Kunjungan Berbasis Website Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto Menggunakan UML

The Analysis of the Design of a Website-Based Visit Service Application for Class IIB Narcotics Prison in Purwokerto using UML.

  • Arradhiya Setyo Panggayuh Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Cahyo Prihantoro Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Paradise . Insitut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Website, Layanan Informasi, Mysql

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi informasi telah mempengaruhi berbagai aspek dalam pelayanan publik. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Pada Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto pelayanan untuk regristrasi kunjungan masih dilakukan dengan cara manual yaitu pengunjung diwajibkan untuk datang terlebih dahulu ke lapas. Pelayanan akan dilakukan dengan cara pengunjung melakukan registrasi ke pihak administrasi lalu memilih jadwal untuk kunjungan dengan syarat narapidana yang dikunjungi juga setuju dengan diadakanya kunjungan. Hal itu dirasa kurang efektif sehingga perlu diadakanya perancagan aplikasi berbasis website untuk layanan kunjungan agar pelayanan publik lebih memuaskan bagi masyarakat dan lebih efektif. Perancangan aplikasi berbasis website ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang ada di Visual Studio Code, dan databasenya adalah MySQL. Dengan hasil akhir yang dicapai pada perancangan aplikasi berbasis website ini mempunyai kelebihan yaitu memudahkan user untuk melakukan reservasi kunjungan dan meningkatkan efisiensi dalam pelayanan publik terutama pada Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto.

References

Rahmadi, “Internet and The Impact,” menyatakan bahwa internet adalah sebuah sebutan untuk sekumpulan Jar. Komput. yang dapat menghubungkan berbagai situs Akad. pemerintahan, komersial, Organ. hingga perorangan. Dan internet mampu untuk menyediakan akses untuk layanan telekomun, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2003.

P. Pengembangan, S. Daya, K. D. Negeri, and R. Yogyakarta, “Laporan aksi perubahan kinerja organisasi,” 2021.

A. Wahju and R. Emanuel, “Issn 0216-4280,” vol. 5, 2009.

S. Anardani, Y. Yunitasari, and K. Sussolaikah, “Analisis Perancangan Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Kerjasama Menggunakan UML,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 522–532, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12070.

Priyono, “TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI (Skripsi Universitas Mercubuana Yogya),” Tinj. PUSTAKA DAN LANDASAN Teor. (Skripsi Univ. Mercubuana Yogya), vol. 9, no. 1, pp. 76–99, 2010.

Tegar Setiaji, A. T., & Prihantoro, C. (2023). RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS WEBSITE LAYANAN KUNJUNGAN DI LAPAS NARKOTIKA KELAS IIB PURWOKERTO. Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNASIKOM), 1–14. Retrieved from https://proceeding.unived.ac.id/index.php/snasikom/article/view/139

Agustyaningsih, P., & Prihantoro, C. (2023). Analisis Performansi Jaringan Komputer Menggunakan Metode Unequal Load Balance Pada Jaringan Lokal. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 205-215.

Huda, A. S., Prihantoro, C., & Pranata, M. (2023). Analisis Perbandingan QoS Pfsense dan Opnsense Menggunakan Metode Load Balancing. Media Informatika, 22(2), 87-95.

Budi, E. Y., Prihantoro, C., & Nugroho, N. E. W. (2023). Perancangan Website E-Voting Menggunakan Smart Contract Pada Blockchain Polygon. Indonesian Journal of Computer Science, 12(3).

D. Puspita, “Penerapan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart) dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (Bpnt) di Kota Palembang,” Manaj. Inf., pp. 9–26, 2019.

M. Duggan, D. R. Roderick, and J. Sieburg, “Data bases,” Proc. 1970 25th Annu. Conf. Comput. Cris. How Comput. are Shap. our Futur. ACM 1970, pp. 1–7, 1970, doi: 10.1145/1147282.1147284.

Published
2024-01-29
How to Cite
Panggayuh, A., Prihantoro, C., & ., P. (2024). Analisis Perancangan Aplikasi Layanan Kunjungan Berbasis Website Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto Menggunakan UML. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 449 - 462. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/189