Rancang Bangun Sistem Informasi Laundry Meilina Berbasis Website Dengan Menggunakan Metode Scrum

  • M. Fadjar Aidil Hasyim Purba Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Novian Adi Prasetyo Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Irwan Susanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ardhana Galih Yuda Bintara Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: blackbox testing, laundry, metode scrum, sistem informasi, website, whitebox testing

Abstract

Bisnis jasa pencucian pakaian, yang dikenal sebagai usaha laundry, saat ini tersebar luas di berbagai lokasi. Pertumbuhan bisnis laundry yang pesat, khususnya di kota Medan, menjanjikan potensi keuntungan yang signifikan. Pengguna jasa laundry berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi telah mempengaruhi industri ini. Saat ini, banyak usaha laundry telah mengadopsi sistem pendataan yang lebih canggih, menggantikan metode sederhana seperti mencatat tangan dan menggunakan Microsoft Excel untuk laporan keuangan. Transisi ini menjadi penting karena metode lama seringkali menghasilkan laporan yang tidak akurat dan melambatkan proses transaksi, pengelolaan data, serta pencarian data yang diperlukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi berbasis website untuk Laundry Meilinia sebagai studi kasus. Dalam perancangan ini, digunakan metode scrum, yang dikenal efektif dalam menghemat waktu dalam pengembangan website. Metode ini melibatkan serangkaian sprint dengan pengujian reguler sebagai bagian dari proses review. Saran dan masukan dari pemilik usaha akan diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan dalam product backlog. Penggunaan metode scrum menjadi pilihan yang tepat dalam pengembangan sistem informasi ini. Selain itu, pengujian sistem juga dilakukan, dengan memanfaatkan metode whitebox testing yang melibatkan pengujian logika dengan menganalisis source code program. Selanjutnya, blackbox testing dilakukan untuk mengevaluasi tampilan dan fungsi-fungsi fitur yang berjalan. Hasil dari seluruh pengujian sesuai dengan harapan, dan pengujian efisiensi dan efektivitas sistem ini menghasilkan rata-rata efektivitas sebesar 95% dengan tingkat efisiensi sebesar 0,07 goal per detik.

References

[1] M. Y. Simargolang and N. Nasution, “Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis WEB (Studi Kasus : Pelangi Laundry Kisaran),” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, p. 9, 2018, doi: 10.36294/jurti.v2i1.402.
[2] I. S. Marifati, “Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Jasa Laundry Berbasis Web,” IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, vol. 9, no. 2, pp. 1–6, 2020.
[3] D. Fernando, A. Anharudin, and F. Fadli, “Rancang Bangun Aplikasi E-Portofolio Hasil Karya Mahasiswa Unsera Menggunakan Metode Scrum,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 5, no. 1, pp. 7–12, 2018, doi: 10.30656/jsii.v5i1.579.
[4] E. Sita Eriana, “PENGUJIAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN WHITE BOX TESTING.”
[5] A. Arifta Arwaz, K. Putra, R. Putra, T. Kusumawijaya, and A. Saifudin, “Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Pemenang Tender Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” vol. 2, no. 4, pp. 2654–4229, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/index130
[6] W. A. Prabowo and C. Wiguna, “Sistem Informasi UMKM Bengkel Berbasis Web Menggunakan Metode SCRUM,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 149, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2604.
[7] M. N. Novri Hadinata, “Implementasi Metode Scrum Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan ( Study Kasus : Penjualan Sperpart Kendaraan ),” Jurnal Ilmiah Betrik, vol. 08, no. 01, pp. 22–27, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.lppmstipagaralam.ac.id/index.php/betrik/index
[8] K. Made, “Implementasi Metodologi SCRUM dalam Pembangunan Situs Harga Komoditas,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 9, pp. 149–160, 2014.
[9] M. R. Ramadhan, L. E. Nugroho, and S. Sulistyo, “Evaluasi Sistem Informasi Monitoring Skripsi Menggunakan Prinsip Usability,” Pros. SNST ke-8 Tahun 2017, pp. 92–97, 2017.
[10] M. Farhan Londjo, “IMPLEMENTASI WHITE BOX TESTING DENGAN TEKNIK BASIS PATH PADA PENGUJIAN FORM LOGIN,” vol. 7, no. 2, p. 2021.
[11] E. Sita Eriana, “PENGUJIAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN WHITE BOX TESTING.”
[12] R. B. Trengginaz, A. Yusup, D. S. Sunyoto, M. R. Jihad, and Y. Yulianti, “Pengujian Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta berbasis Website Menggunakan Metode Black Box dengan Teknik Equivalence Partitioning,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 3, no. 3, p. 144, Aug. 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i3.5349.
[13] A. Arifta Arwaz, K. Putra, R. Putra, T. Kusumawijaya, and A. Saifudin, “Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Pemenang Tender Menggunakan Teknik
Published
2024-01-15
How to Cite
Hasyim Purba, M. F., Prasetyo, N., Susanto, I., & Yuda Bintara, A. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Laundry Meilina Berbasis Website Dengan Menggunakan Metode Scrum. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 431-439. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/186