Perancangan Tampilan dan Pengalaman Pengguna (UI UX) Aplikasi Reservasi Fotografer pada Platform Android dengan Metode Design Thinking
Abstract
Fotografi adalah suatu proses yang melibatkan pemakaian cahaya untuk merekam dan menciptakan gambar. Ini adalah perpaduan antara elemen teknis dan aspek seni, yang tidak hanya memungkinkan pengamatan dan dokumentasi, tetapi juga memperkaya pengetahuan individu. Dalam konteks penelitian ini, muncul beberapa tantangan, termasuk kesulitan dalam menemukan vendor fotografer, menyelesaikan transaksi, mengakses daftar harga, dan melihat portofolio vendor fotografer. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menerapkan metode Design Thinking dan menggunakan metode pengujian yang mencakup usability matrix dan System Usability Scale (SUS). Tahap prototyping melibatkan pengembangan desain yang dapat dilakukan tahapan pengujian kepada pengguna, serta evaluasi keberhasilan rancangan UI/UX dengan menggunakan metode pengujian System Usability Scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian System Usability Scale (SUS) dengan melibatkan 30 responden menghasilkan skor SUS sebesar 87,75, yang berada pada kategori "best imaginable" berdasarkan score percentile rank. Selain itu, pengujian matriks mengungkapkan tingkat keberhasilan sebesar 88%, dan nilai rata-rata Time-Based Efficiency per task adalah 0,013 goal/detik.
References
[2] A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 1, no. 3, pp. 206–212, Nov. 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i3.50.
[3] M. F. Wicaksono and I. K. Hamsir, “Sistem Informasi Reservasi Restoran,” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), vol. 9, no. 1, pp. 9–16, May 2019, doi: 10.34010/jamika.v9i1.1534.
[4] A. C. Priyantono and F. Ardiansyah, “Perancangan Prototipe Mobile User Experience Aplikasi Peningkatan Sumber Daya Desa Menggunakan Metode Double Diamond,” Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 96–104, Nov. 2020, doi: 10.29244/jika.7.2.96-104.
[5] S. Alfarisi, “Aplikasi Media Pengenalan Jenis Kamera dan Lensa Berbasis Android,” JURNAL SISFOTEK GLOBAL, vol. 9, no. 1, Mar. 2019, doi: 10.38101/sisfotek.v9i1.224.
[6] C. S. Surachman, M. R. Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in,” TeIKa, vol. 12, no. 02, pp. 157–169, Nov. 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2922.
[7] Ratna Nur Fadilah and Dhian Sweetania, “PERANCANGAN DESIGN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI RESERVASI RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Ilmiah Teknik, vol. 2, no. 2, pp. 132–146, May 2023, doi: 10.56127/juit.v2i2.826.
[8] S. Nurmaharani and Heriyanto, “ANALISA DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA CV. MULTI BAN OTO SERVIS BEKASI,” INFOTECH journal, vol. 9, no. 1, pp. 46–53, Feb. 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.
[9] H. N. Agustin, D. P. Sari, and R. Andrian, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Bakery’lils Sebagai Platform Digital Penjualan Kue,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), vol. 11, no. 2, p. 206, Jul. 2023, doi: 10.26418/justin.v11i2.55400.
[10] A. Nur Rahmanto, I. Kusumaning Putri, and M. Millania, “PENERAPAN DESIGN THINKING DENGAN USABILITY TESTING MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE PADA ANTARMUKA APLIKASI ‘CURHAT,’” Jurnal Teknik Ilmu dan Aplikasi, vol. 4, no. 1, pp. 15–24, Feb. 2023, doi: 10.33795/jtia.v4i1.2791.