PENGENALAN SENI KONTEMPORER BERBASISKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Abstract
Permasalahan yang menjadi fokus utama pada penelitian ini adalah masih kurangnya media informasi edukasi berbasis multimedia interaktif yang menarik sebagai penyedia informasi mengenai seni kontemporer. Informasi ini seharusnya juga menjadi perhatian dikarenakan seni kontemporer ini masih banyak yang belum mengetahui terutama untuk masyarakat indonesia yang masih kekurangan informasi mengenai hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menjadi sebuah media informasi edukatif kepada masyarakat khususnya masyarakat indonesia mengenai seni kontemporer semenarik mungkin dan mudah digunakan. Multimedia interaktif merupakan salah satu solusi terhadap permasalahan tersebut. Metode Multimedia Development Life Cycle digunakan sebagai panduan dalam membangun multimedia interaktif dengan tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Dari hasil pengujian secara alpha testing semua fitur yang ada pada multimedia interaktif ini dapat berjalan dengan baik. Dengan hasil pengujian beta terhadap 20 responden mendapatkan hasil rating 4,54 dari skala 5 sehingga multimedia interaktif ini sangat baik dan layak digunakan sebagai media informasi edukatif mengenai seni kontemporer.
References
A. C. Nugroho, G. R. Putra, and D. Fitriati, “Implementasi e-Kantin di Fakultas Teknik Universitas Pancasila,” Semin. Nas. Teknol. Inf., vol. 2, pp. 301–306, 2019, [Online]. Available: http://prosiding.uika-bogor.ac.id/index.php/semnati/article/view/310
W. Octafiana, M. Ekosusilo, and S. Subiyantoro, “Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 168, 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.131.
F. Z. Firdaus, S. Suryanti, and U. Azizah, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 681–689, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.417.
R. G. P. Panjaitan, T. Titin, and N. N. Putri, “Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 8, no. 1, pp. 141–151, 2020, doi: 10.24815/jpsi.v8i1.16062.
M. Fahmi Saifudin and A. Wedi, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SUMBER ENERGI UNTUK MEMUDAHKAN BELAJAR SISWA SD Article History Keywords Multimedia Interaktif, Multimedia Tutorial, Sumber Energi,” Jktp, vol. 3, no. 1, pp. 68–77, 2020, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
S. Wulandari, “Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi,” Indones. J. Technol. Informatics Sci., vol. 1, no. 2, pp. 43–48, 2020, doi: 10.24176/ijtis.v1i2.4891.
A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, and H. Subandi, “Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 6, no. 2, pp. 135–141, 2022, doi: 10.54367/means.v6i2.1512.
A. M. Ilmiani, A. Ahmadi, N. F. Rahman, and Y. Rahmah, “Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab,” Al-Ta’rib J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 1, pp. 17–32, 2020, doi: 10.23971/altarib.v8i1.1902.
G. Y. Swara, “Pemanfaatan Visualisasi 3D Pada Multimedia Interaktif Dalam Pengenalan Penyakit Demam Berdarah,” J. Teknoif Tek. Inform. Inst. Teknol. Padang, vol. 8, no. 1, pp. 19–24, 2021, doi: 10.21063/jtif.2020.v8.1.19-24.
A. Marjuni and H. Harun, “Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran,” Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 2, p. 194, 2019, doi: 10.24252/idaarah.v3i2.10015.
L. A. Novianto, I. N. S. Degeng, and A. Wedi, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang Lukman Arief Novianto, I Nyoman Sudana Degeng, Agus wedi,” JKTP J. Kaji. Tekonologi Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 257–263, 2018.
et al., “Students’ Perceptions of Interactive Multimedia Applications in the 21st Century Teaching and Learning Process,” Online J. TVET Pract., vol. 6, no. 1, pp. 15–24, 2021, doi: 10.30880/ojtp.2021.06.01.003.
N. W. Aryani and D. P. Ambara, “Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 2, p. 252, 2021, doi: 10.23887/paud.v9i2.36043.
D. W. Hendranto, “Logam Perhiasan Sebagai Ekspresi Seni Kontemporer,” JSRW (Jurnal Senirupa Warn., vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.36806/jsrw.v7i1.66.
R. Aditya, V. H. Pranatawijaya, and P. B. A. A. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 47–57, 2021.
Hardiyansyah, A., & Zen, B. P. (2023). DESIGN AND BUILD COMPANY PROFILE WEBSITE BAGASKARA ART STORE WONOSOBO. JDMSI, 4(1), 46–59.