Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ibu Hamil Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Website

  • TIARA HUMAIRA PUTRI Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • INTAN NURAENI
  • YOGA NADEN
  • ANNISAA UTAMI

Abstract

Kehamilan adalah fase penting yang membutuhkan persiapan matang, terutama dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi. Angka kematian ibu yang tinggi, terutama di negara-negara berpendapatan rendah, menunjukkan ketidaksetaraan akses kesehatan global yang signifikan. Di Indonesia, Angka Kematian Ibu (AKI) juga mengalami peningkatan akibat berbagai faktor. Untuk mengatasi tantangan dalam perawatan ibu hamil, sistem pakar diagnosa penyakit pada ibu hamil menggunakan metode forward chaining dan platform berbasis website adalah solusi yang efektif. Sistem pakar ini memanfaatkan teknologi website untuk memberikan akses mudah ke informasi yang relevan, bahkan bagi individu yang tidak memiliki latar belakang medis.

References

[1] T. I. Pratiwi, “Gambaran Pengetahuan Gizi dan Asupan Zat Gizi Makro pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Langsat Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 6–18, 2014.
[2] Promkes Kemenkes RI, “Menjaga Ibu Hamil,” Kemenkes RI, p. 2, 2019.
[3] WHO, “Maternal mortality” World Health Organization, 2023. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/maternal-mortality (accessed Oct. 30, 2023).
[4] K. K. RI, “Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak,” wartaKESMAS, p. 48, 2018.
[5] Kemenpppa, “Saatnya Laki-laki Terlibat untuk Cegah dan Turunkan Angka Kematian Ibu (AKI” Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 2022. https://www.google.com/url?q=https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/4243/saatnya-laki-laki-terlibat-untuk-cegah-dan-turunkan-angka-kematian-ibu-aki (accessed Oct. 30, 2023)
[6] Hayadi, B. H. (2018). Sistem Pakar: Penyelesaian Kasus Menentukan Minat Baca, Kecenderungan, dan Karakter Siswa dengan Metode Forward Chaining. Sleman: Deepublish
[7] A. A. A. Ushud, I. Novita, and N. Juliasari, “Pelatihan Pemanfaatan CMS Untuk Pembuatan Website Bagi OrangTua Siswa Sekolah Alam Tangerang,” JAM-TEKNO (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masy. TEKNO), vol. 2, no. 1, pp. 20–25, 2021.
Published
2024-01-15
How to Cite
PUTRI, T., NURAENI, I., NADEN, Y., & UTAMI, A. (2024). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ibu Hamil Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Website. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 376-383. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/160