Perancangan Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming

  • Alwi Sahrul Al Falah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Novian Adi Prasetyo Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Pradana Ananda Raharja Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Anggita Saputra Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: extreme programmming, internet, laravel, layanan pemerintah, pengaduan masyarakat, rarapid application development, waterfall

Abstract

Penyelenggara pelayanan publik merupakan salah satu sektor yang tidak luput dari kritikan masyarakat. Salah satu perwujudan dari penyelenggaraan pemerintahan yang baik adalah terjadinya kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Karena hal itu, pemerintah mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kualitas layanan yang baik. Salah satu solusi untuk membantu meningkatkan layanan pemerintah adalah dengan membuat sistem layanan pengaduan masyarakat berbasis web yang dapat diakses dengan internet oleh masyarakat. Untuk membuat sistem tersebut, maka diperlukan sebuah metode yang tepat untuk membuatnya. Extreme Programming adalah salah satu metode Agile yang digunakan untuk proses development sebuah aplikasi yang memiliki tujuan meningkatkan kualitas dari sautu perangkat lunak untuk perubahan dan kebutuhan masyarakat. Pada metode ini, terhadap beberapa tahapan yang musti dilakukan yaitu, Planning. Tahap planning ini akan merancanakan website seperti apa yang akan dibuat, dimulai diperuntukkan kepada siapa, dan fungsi seperti apa yang bisa dijalankan. Tahap kedua adalah Design. Design merupakan tahap perancangan antarmuka webiste yang akan ditampilkan kepada pengguna dan admin. Tahap ketiga Coding. Pada tahap Coding ini akan mengimplementasikan bentuk planning dan design yang sudah dibuat kedalam code. Lalu tahap Testing. Pengujian akhir dari website ini, menghasilkan keseluruhan sistem yang dapat berjalan dengan baik. Mulai dari layanan aduan, rekap aduan, membuat jurnal dan menampilkan informasi aduan. Selain itu, website ini diuji dengan menggunakan SUS sebagai Usability Testing, yang menghasilkan skor rata-rata 66 yang tergolong baik.

References

[1] Y. Sansena, “Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas Berbasis Website,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 15, no. 2, 2021.
[2] T. , Pricillia and Zulfachmi, “Survey Paper: Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD),” Bangkit Indonesia, 2021.
[3] F. Nidaul Khasanah, D. Nurmanto, T. Dianfiri As-Sanaj, T. Prasetiya, F. Ilmu Komputer, and U. Bhayangkara Jakarta Raya, “Extreme Programming Method Dalam Pengembangan Aplikasi Gamified Learning,” 2022.
[4] N. Komariah and A. Sekretari dan Manajemen BSI Jakarta, Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming.
[5] D. Andriansyah, Ilhamsyah, and L. Nulhakim, “Extreme Programming Dalam Perancangan Sistem Informasi Jasa Fotografi.”
[6] R. I. Borman, A. T. Priandika, and A. R. Edison, “Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 8, no. 3, p. 272, Jul. 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.40273.
[7] L. Ariyanti, Satria Muhammad Najib Dwi, and D. Alita, “SISTEM INFORMASI AKADEMIK DAN ADMINISTRASI DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN,” 2020. [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
[8] T. Kurniawan et al., “Perancangan dan Pengembangan E-Financial Transaksi Sewa Gedung Menggunakan Framework Laravel,” vol. 4, no. 4, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika
[9] N. Made, D. Febriyanti, A. A. Kompiang, O. Sudana, and N. Piarsa, “Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen,” 2021.
[10] M. Ulul, A. Iryanto, W. Hayuhardhika, N. Putra, and A. D. Herlambang, “Evaluasi Usability Aplikasi SIAP TARIK Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Pada Puskesmas Tarik Sidoarjo,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
Published
2024-01-15
How to Cite
Al Falah, A., Prasetyo, N., Raharja, P., & Saputra, A. (2024). Perancangan Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 352-360. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/155