Aplikasi Game Edukasi “Positive Mental Attitude” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Moral Anak-Anak
Abstract
Keutuhan mental suatu bangsa sangat erat kaitannya dengan pendidikan yang dilaluinya. Pendidikan mempengaruhi pembelajaran terhadap aktivitas mental yang terjadi dalam lingkungan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu bentuk edukasi penting dalam pembelajaran dapat melalui sebuah game atau permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk sebuah game edukasi yang bernama PMA (Positive Mental Attitude). Game ini merupakan gambaran player NPC (Non-Playable/Player Character) untuk bersikap dalam menghadapi sebuah persoalan-persoalan moral dalam kehidupan sehari-hari. Permainan ini memiliki 3 level yaitu easy, normal dan hard berdasarkan dari visual novel yang sudah dibentuk oleh pengembang aplikasi game. Pengembangan game ini menggunakan metode waterfall yang diharapkan dapat membantu dalam merancang dan membangun sebuah game PMA. Metode ini digunakan karena game ini dapat dikembangkan kearah yang lebih luas lagi untuk media game edukasi. Implementasi game PMA ini menggunakan unity3d dengan bahasa pemrograman C#. Hasil yang didapatkan dari hasil uji coba yang dilakukan didapatkan sebuah hasil yaitu media edukasi melalui game ini layak untuk digunakan oleh anak-anak, untuk menambah pengetahuan tentang cara bersikap dan moral yang baik terhadap sesama.
References
[2] Indira Rezkisari. (2018), “Bermain Gim Komputer Bisa Perbaiki Kesehatan Mental”, Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/infosehat/18/07/18/pc1avn328-bermain-gim-komputerbisa-perbaiki-kesehatan-mental
[3]Felicia,P (2011). What evidence is there that digital games can be better than traditional methods to motivate and teach students? Retrieved May 2014, 19, from
http://linked.eun.org/c/document_library/get_file?p_l_id=17135&folderId=23949&name=DLFE-750.pdf
[4] O’Malley,C, (2003). “Guidelines For Learning/Teaching/Tutoring in a Mobile Environment (Online)”, retrieved from
http://www.mobilearn.org/download/results/guidelines.pdf