ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA PT LAMBANG JAYA

  • Ridwan Yusuf STMIK Dharma Wacana
  • Afriyanto Afriyanto STMIK Dharma Wacana
Keywords: Manajemen persediaan, Efisiensi operasional, Enterprise Architecture Planning, Efisiensi manajemen persediaan, Keunggulan kompetitif

Abstract

Dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif, manajemen persediaan yang efisien menjadi kunci sukses bagi perusahaan seperti PT Lambang Jaya yang bergerak dalam bidang konstruksi, alat-alat pertanian, manufakturing, dan industri tapioka. Dengan mengelola persediaan secara efisien, perusahaan dapat mengoptimalkan sumber daya, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan layanan pelanggan. Saat ini, pengawasan dan pencatatan persediaan masih belum berjalan dengan baik, yang menyebabkan terjadinya kesalahan perhitungan, kesulitan dalam membuat laporan, dan kesulitan dalam mencari data barang yang dibutuhkan sehingga kondisi ini mengganggu efisiensi operasional perusahaan. Penelitian ini fokus pada perancangan Enterprise Architecture Planning (EAP) sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan efisiensi manajemen persediaan di PT Lambang Jaya. EAP, sebagai pendekatan strategis yang komprehensif, akan menjadi landasan untuk merancang, mengintegrasikan, dan mengelola infrastruktur teknologi informasi dan proses bisnis secara lebih terkoordinasi dan efektif. Hasil dari penelitian ini akan memberikan panduan konkret untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan perubahan yang dibutuhkan dalam manajemen persediaan PT Lambang Jaya. Dengan fokus pada peningkatan efisiensi, penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan mencapai keunggulan kompetitif yang lebih besar melalui manajemen persediaan yang lebih baik dan responsif terhadap perubahan pasar yang dinamis.

References

Ricky Akbar, Juliastrioza, Yolanda Rahmi Arici. (2015) Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi Pembelian, Persediaan, dan Penjualan Barang pada Toko Emi Grosir dan Eceran, Jurnal Teknosi, Vol. 01, No. 01

Riman Irfanto & Johan Fernandes Andry. (2017). "Perancangan Enterprise Architecture Planning Menggunakan Zachman framework Studi Kasus

Muhammad Sobri. Poppy Indriani. Merlindawati, (2017). Perancangan Sistem Informasi Perawatan dan Inventaris Menggunakan Metode Enterprise Architecture Planning (Studi Kasus Universitas Bina Darma). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer.

Santi S & Rosida. (2018). Perancangan Arsitektur Sistem InformasiAkademik Pada SMK Negeri 2 Kota Sukabumi Menggnunakan Metode Enterprise Architecture Planning. Jurnal informasi. Volume X. No. 2.

Tundung Subali Patma, M. M., & Utaminingsih, A. (2018). Sistem Infomasi Manajemen Guna Mendukung Keputusan. Malang: Polines Press.

Anton Yudhana. Rusdi Umar. Faza Alaneka, (2018). Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Enterprise Architecture Planning (Studi KasusPada Kecamatan di Kota Samarinda), Khazaanah Informatika. Vol.4. No.2.

Rianto. Eru Puspita. Wiratmoko Yuwono. (2018). "Sistem Inventarisas Barang Museum Keraton Surakarta". Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pambayun WG, Kusumasari FT, Fajrillah N. 2019. Enterprise Architecture Bagi Sekolah Menengah Atas Menggunakan Enterprise Architecture Planning (EAP) : Sebuah Strategi Untuk Memperoleh Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bandung). e-Proceeding of Engineering. 6(2): 7933.

Prianti M, Papilaya SF. 2021. Perencanaan Strategis Sistem Informasi di Sinode GJK Menggunakan Enterprise Architecture Planning Framework. Journal of Information System and Informatics. 3(2): 467-481.

Regita Andini Putri, Ridwan Yusuf, Andreas Perdana (2023) Perancangan Enterprise Resource Planning Pada Andalan Poultry Shop Dan Farm, Jurnal I-Robot, Vol 7. No 1

Published
2024-01-20
How to Cite
Yusuf, R., & Afriyanto, A. (2024). ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA PT LAMBANG JAYA. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 611-620. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/142