Perancangan User Interface Sistem Pelayanan Antrian Pembuatan SIM di Polres Batang Berbasis Web

  • Panggiarta Rindah Pratama
  • Novian Adi Prasetyo
  • Siti Khomsah
  • Rafi Hidayatulloh
Keywords: Design Sprint, SIM, System Usability Scale (SUS), Website

Abstract

SIM merupakan sebuah syarat bagi seseorang untuk dapat izin dalam mengendarai kendaraan, baik bermotor, beroda dua, dan kendaraan berat. Saat ini Pandemi covid 19 menjadi hal yang sangat merepotkan dan berdampak pada semua aktifitas yang ada pada masyarakat, bahkan sekarang ada perkembangan atau mutasi dari virus covid yang Bernama omicron. Dampak yang dirasakan juga menimpa aktivitas Satlantas Polres Batang dalam melayani kebutuhaan masyarakat. Terutama dalam pelayanan pembuatan SIM dengan kerumunan yang terjadi saat mengantri sangat berbahaya untuk masyarakat. Maka dari itu penulis merancang user interface sistem informasi antrian pembuatan SIM di Satlantas Polres Batang, berbasis website. Dalam user interface website tersebut pendaftar SIM tidak harus mengantri lama untuk bisa tes praktik maupun tulis saat membua SIM. Design Sptint digunakan sebagai metode di penelitian ini. Metode ini dipilih karena resiko bisnis produk yang di kembangkan bisa dikurangi, karena akan terhindar dari menciptakan produk yang tidak diinginkan pasar. Melalui produk prototipe bisa melakukan uji coba dulu, sebelum membuat produknya dalam jumlah banyak. Kemudian untuk menghitung usability UI UX menggunakan System Usability Scale hasil dri penelitian ini adalah di dapat nilai SUS sebesar 70,41. Nilai terbilang baik untuk di terapkan menjadi website yang dapat digunakan.

References

[1] A. Arfan Pembimbing, S. A. Yophi SH, and M. Erdiansyah, “PENEGAKAN HUKUM BAGI PENGEMUDI KENDARAAN RODA DUA DIBAWAH UMUR TANPA SURAT IZIN MENGEMUDI DI WILAYAH HUKUM POLISI RESOR KOTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS ANGKUTAN JALAN,” 2014.
[2] D. W. Ramadhan, B. Soedijono, and E. Pramono, “PENGUJIAN USABILITY WEBSITE TIME EXCELINDO MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) (STUDI KASUS: WEBSITE TIME EXCELINDO).” [Online]. Available: https://excelindo.co.id
[3] D. P. Kesuma, “Evaluasi Usability Pada Web Perguruan Tinggi XYZ Menggunakan System Usability Scale Usability Evaluation of XYZ University Website Using System Usability Scale,” 2020.
[4] A. Prayitno and Y. Safitri, “‘Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital,’” Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 1, p. 2, 2015.
[5] A. A. Andryadi and N. H. Fatonah, “ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACE (UI/UX) PADA WEBSITE MENGGUNAKAN METODEGOOGLE DESIGN SPRINT (Studi Kasus : CV Tirta Kalimaya),” 2021.
[6] M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” 2020. [Online]. Available: https://my.cic.ac.id/.
[7] R. A. Mahessya, R. D. Putra, and J. Veri, “PEMODELAN DAN SIMULASI PENERAPAN ANTRIAN MULTIPHASE PADA ANTRIAN PEMBUATAN SIM PENGENDARA SEPEDA MOTOR DIPOLRES SIJUNJUNG,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 1, p. 34, Apr. 2019, doi: 10.22216/jsi.v5i1.4091.
[8] M. Destiningrum and Q. J. Adrian, “SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DOKTER BERBASSIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT YUKUM MEDICAL CENTRE),” 2017.
[9] B. Kurniawan and M. Romzi, “‘Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,’” Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, vol. 05, pp. 1–7, 2022.
[10] A. Christian, S. Hesinto, J. Patra No, K. Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan, and S. Selatan STMIK Prabumulih, “Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ),” 2018.
[11] N. I. Khoirunisa and E. Ramadhani, “Implementasi Metode Design Sprint dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Golek Kost Berbasis Mobile,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 4, p. 464, Jun. 2022, doi: 10.30865/json.v3i4.4262.
[12] A. Bangor, P. Kortum, and J. Miller, “Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale, Journal of Usablity Studies,” Journal of User Experince, vol. 4, no. 3, pp. 114–123, 2009.
Published
2024-01-15
How to Cite
Pratama, P., Prasetyo, N., Khomsah, S., & Hidayatulloh, R. (2024). Perancangan User Interface Sistem Pelayanan Antrian Pembuatan SIM di Polres Batang Berbasis Web. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 326-333. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/136