Deteksi Nilai Nominal Uang Kertas Menggunakan Metode RGB Pada Sistem Keuangan Masjid Berbasis Aplikasi Android

  • Safiq Rosad Universitas Nahdlatul Ulama al Ghazali Cilacap
  • M. Rifki Al Kamali Universitas Nahdlatul Ulama al Ghazali Cilacap
  • Hani Nuraini Universitas Nahdlatul Ulama al Ghazali Cilacap
Keywords: Sensor Warna TCS34725

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi yang serba otomatis, menjadikan kebutuhan manusia serba otomatis terus menjadi bertambah. Dalam perkembangan tersebut memberikan kontribusi dalam pengelolaan kotak amal masjid saat ini masih dilakukan secara manual oleh pengurus masjid yang membutuhkan waktu, tenaga, konsentrasi yang dilakukan bersama-sama. Yang mana tingkat kurang efektif nya dalam memanajemen keuangan masjid dan penginformasian kepada para jamaah terkait pemasukan serta pengeluaran yang umumnya hanya di update satu pekan sekali serta perhitungan uang pada kotak amal pula memerlukan waktu lumayan lama. Berdasarkan permasalahan diatas sehingga diperlukan alat dan sistem untuk menghitung saldo masjid secara otomatis sehingga seluruh jamaah masjid dapat mengakses atau melihat keuangan masjid secara realtime. Dalam membangun sistem dan alat untuk menghitung saldo kas keuangan masjid secara otomatis dan menampilkan pengeluaran serta pendapatan kas masjid melalui aplikasi android, supaya seluruh jamaah dapat mengakses dan melihat kas keuangan masjid secara realtime, kotak amal ini menggunakan sensor warna TCS34725 untuk membaca nilai uang kertas yang masuk. Sensor TCS34725 sebagai identifikasi nilai nominal uang kertas yang telah di kalibrasi yang bersumber pada nilai RGB dan nilai mata uang tersebut supaya sensor membaca nominal mata uang dengan akurat. Tujuan dari penelitian ini yaitu memudahkan pengurus masjid dalam memanajemen dan melaporkan keuangan masjid kepada para jamaah dan menjadikan keuangan masjid lebih transparan agar minim dari korupsi sehingga membuat para jamaah juga tidak ragu untuk menyumbangkan dananya ke masjid.

References

D. N. Rahmanto, J. Prasojo, T. Handayani, and P. T. Elektro, “Alat Pendeteksi Warna RGB,” vol. 2022, no. November, pp. 664–672, 2022.

M. S. Lamada, A. S. Miru, and R.- Amalia, “Pengujian Aplikasi Sistem Monitoring Perkuliahan Menggunakan Standar ISO 25010,” J. Mediat., vol. 3, no. 3, 2020, doi: 10.26858/jmtik.v3i3.15172.

H. Gushardi and D. Faiza, “Perancangan dan Pembuatan Alat Penghitung Jumlah Uang Otomatis Terintegrasi Internet of Things,” vol. 6, pp. 2996–3005, 2022.

A. Furqon, A. B. Prasetijo, and E. D. Widianto, “Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Kendali Daya Listrik pada Rumah Kos Menggunakan NodeMCU dan Firebase Berbasis Android.”

I. A. Syahruli, J. Prayudha, and M. Ramadhan, “Rancang Bangun Kotak Amal Penghitung Uang Otomatis Dengan Sensor TCS (Sensor Warna) Menggunakan Metode Counter,” J. Sist. Komput. Triguna Dharma (JURSIK TGD), vol. 1, no. 5, p. 168, 2022, doi: 10.53513/jursik.v1i5.5692.

R. Arpianto, H. Priyatman, and D. Suryadi, “Rancang Bangun Alat Identifikasi Nominal Uang Kertas Untuk Tunanetra Berbasis Arduino Mega 2560 Dengan Ouput Suara,” J. Kelitbangan, vol. 03, no. 03, pp. 212–225, 2015.

S. Selamet, G. Rahmat Dedi, T. Adhie, and P. Agung Tri, “Penerapan Penjadwalan Pakan Ikan Hias Molly Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO dan Sensor RTC DS3231,” Jtst, vol. 3, no. 2, pp. 44–51, 2022.

Published
2024-02-02
How to Cite
Rosad, S., Kamali, M. R., & Nuraini, H. (2024). Deteksi Nilai Nominal Uang Kertas Menggunakan Metode RGB Pada Sistem Keuangan Masjid Berbasis Aplikasi Android. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 765-777. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/130