Detektor Kecepatan Kendaraan Pada Frekuensi 10 GHz Dengan Sudut Interogator Sisi Azimuth sebesar 30 derajat

  • Toto Supriyanto Politeknik Negeri Jakarta
  • Asri Wulandari
  • Muhammad Yusuf
  • Arti Suryaning Tyas
  • Arti Suryaning Tyas
  • Teguh Firmansyah
  • Rizky Riyandika
  • Irma Saraswati
Keywords: Detektor, Kecepatan, Sensor HB100.

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan momok menakutkan bagi mereka yang menggunakan jalan. Faktor manusia mendominasi peristiwa-peristiwa tragis ini. Sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh perilaku pengemudi yang tidak patuh terhadap aturan, seperti mengemudi dengan kecepatan melebihi rata-rata atau batas yang ditetapkan, baik di jalan tol maupun di jalan biasa. Salah satu hambatan yang dihadapi oleh kepolisian lalu lintas dalam menegakkan hukum terkait pelanggaran kecepatan kendaraan adalah keterbatasan alat pengukur yang tersedia. Oleh karena itu, sebuah alat pendeteksi kecepatan kendaraan telah dikembangkan, yang didasarkan pada teknologi Sensor HB100 Microwave Doppler Radar. Alat ini tidak hanya efektif, tetapi juga terjangkau dari segi harga. Sensor HB100 menghasilkan keluaran sinyal sekitar ± 120 mV, sehingga memerlukan sebuah rangkaian penguat sebelum data dapat diproses oleh Arduino. Arduino digunakan untuk mengukur pergeseran Doppler dan membaca kecepatan kendaraan. Hasil pengukuran pergeseran Doppler dan kecepatan kemudian ditampilkan pada layar LCD, sementara buzzer akan memberikan peringatan jika kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

References

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 22. 2009.

H. T. Hidayat, “Kebijakan Hukum Pidana Terhadap Pengaturan Pelanggaran Batas Kecepatan Kendaraan Bermotor dan Penegakan Hukumnya,” 2017.

S. Hani, “Sensor Ultrasonik SRF05 sebagai Memantau Kecepatan Kendaraan Bermotor,” J. Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 120–128, 2010.

D. C. Giancoli, Fisika Jilid 1 Edisi Kelima, 5th ed. Jakarta: Erlangga, 2001.

Y. M. Kaniza, “Purwarupa Sensor Ultrasonik SRF04 sebagai Pemantau Kecepatan Dua Arah Kendaraan Bermotor Berbasis Arduino UNO R3,” 2011.

A. S. Syifa, “Purwarupa Pendeteksi Kecepatan Kendaraan dengan Sensor Ultrasonik SRF05 Berbasis Arduino UNO R3,” 2014.

N. Habibi and I. Sucahyo, “Perancangan Alat Ukur Kecepatan Menggunakan Sensor Ultrasonik dan Prinsip Efek Doppler,” Inov. Fis. Indones., vol. 04, no. 03, pp. 48–54, 2015.

H. D. Young, Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 2, Kesepuluh. Jakarta: Erlangga, 2003.

Published
2023-12-15
How to Cite
Supriyanto, T., Wulandari, A., Yusuf, M., Tyas, A., Tyas, A., Firmansyah, T., Riyandika, R., & Saraswati, I. (2023). Detektor Kecepatan Kendaraan Pada Frekuensi 10 GHz Dengan Sudut Interogator Sisi Azimuth sebesar 30 derajat. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 113-121. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/117