Perancangan Aplikasi Penyewaan Lapangan Badminton Berbasis Android Menggunakan Metode Design sprint (Studi Kasus: GOR Harmoni)

  • Bella Indryanti Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muhammad Naufal Rafi Taqiyuddin Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dimas Fanny Hebrasianto Permadi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Design Sprint, Aplikasi, Lapangan, Badminton, System Usability Scale, Prototype

Abstract

Gedung Olah Raga (GOR) Harmoni merupakan tempat untuk menyewakan lapangan khusus untuk badminton yang menyediakan sebanyak empat lapangan. Pengelola GOR Harmoni setiap harinya menyewakan lapangan untuk badminton mulai dari pukul 07.00-23.00 WIB dengan sistem penyewaan per-jam. Dalam proses penyewaan lapangan, customer harus menghubungi pengelola melalui Whatsapp menanyakan ketersediaan lapangan dan kemudian melakukan reservasi. Model proses pengembangan desain perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design sprint dengan tahapan understand, define, diverge, decide, prototype dan validate. Metode design sprint dapat dilakukan dengan fokus pengembangan pada penentuan desain yang sudah disepakati oleh client dan tim developer secara langsung yang dapat diinisiasi dengan model desain awal dan mendapatkan feedback langsung dari client bagaimana proses pengembangan yang sudah dilakukan. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pemesanan lapangan badminton di GOR Harmoni berbasis android dengan menerapkan metode design sprint. Hasil dari penelitian ini adalah berupa rancangan desain sistem penyewaan lapangan badminton yang diujikan dengan metode pengujian usability testing terhadap prototype aplikasi yang telah dilakukan mendapatkan hasil System Usability Scale terendah yaitu 80 dan tertinggi 90, hal ini menunjukan bahwa prototype aplikasi ini menarik di mata pengguna dan memiliki tingkat kegunaan yang baik.

References

P. S. O. Indonesia, “Saraga.id.” Accessed: Sep. 23, 2023. [Online]. Available: https://saraga.id/

M. BOSS, “Gosport Indonesia.” Accessed: Sep. 20, 2023. [Online]. Available: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gosportid

N. R. Ashshiddiqy, N. L. P. N. S. P. Astawa, B. P. W. Nirmala, and A. . I. I. Paramitha, “Perancangan Mobile Application untuk Startup Montirkeliling.com dengan Metode Design sprint,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 3, p. 238, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i3.38999.

H. Sumual, J. Reimon Batmetan, and M. Kambey, “Design sprint Methods for Developing Mobile Learning Application,” KnE Soc. Sci., vol. 3, no. 12, p. 394, 2019, doi: 10.18502/kss.v3i12.4106.

A. Tedyyana, M. Fauzi, D. Enda, F. Ratnawati, and E. Syam, “Perancangan Aplikasi Tanggap Api Berbasis Android Menggunakan Metode Design sprint,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, p. 215, 2022, doi: 10.25126/jtiik.2022914022.

R. Ramadan and H. M. Az-zahra, “Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay menggunakan Metode Design sprint,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 8831–8840, 2019.

N. I. Khoirunisa and E. Ramadhani, “Implementasi Metode Design sprint dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Golek Kost Berbasis Mobile,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 3, no. 4, p. 464, 2022, doi: 10.30865/json.v3i4.4262.

P. A. I. Maju, “Aplikasi AYO: Super Sport Community APP.” [Online]. Available: https://play.google.com/store/apps/details?id=coid.ayo.ayo_mobile_app

P. P. K. G. B. K. (PPKGBK), “Website Reservasi Gelora Bung Karno.” [Online]. Available: https://reservation.gbk.id/

H. Soewardi and M. F. Perdana, “The usability of the educational board game for learning english,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 673, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1757-899X/673/1/012076.

Published
2023-12-13
How to Cite
Indryanti, B., Taqiyuddin, M., & Permadi, D. (2023). Perancangan Aplikasi Penyewaan Lapangan Badminton Berbasis Android Menggunakan Metode Design sprint (Studi Kasus: GOR Harmoni). Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 1-15. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/114