Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android sebagai Sarana Meningkatkan Daya Saing UMKM dengan Model Prototipe

  • Moh. Fajar Faisaldy Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muhammad Zidny Naf’an Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Aditya Wijayanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Android, Google Maps, Mobile, Prototipe, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja yaitu dapat memberikan pelayanan ekonomi, dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian secara luas kepada masyarakat. Kendala yang sering dihadapi oleh pemilik UMKM yaitu pemesanan pelanggan secara online dan strategi untuk meningkatkan pendapatan. Dengan melihat masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis android sebagai sarana meningkatkan daya saing UMKM dengan model prototipe. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Android yang
ditujukan kepada pemilik UMKM dan aplikasi Android untuk melakukan pemesanan. Pada aplikasi pemilik UMKM dapat digunakan untuk memperkenalkan toko, produk, dan petunjuk alamat pemesan pada Google Maps. Sedangkan pada aplikasi pemesanan digunakan untuk memesan produk dan melihat lokasi toko. Penilaian yang telah dilakukan oleh responden menunjukan bahwa aplikasi dapat digunakan untuk membantu perluasan bisnis UMKM, bersaing dengan UMKM lain, mempermudah dalam pemasaran produk, membantu dalam mendapatkan pelanggan baru, dan membantu dalam pengiriman produk. Dengan melihat penilaian dari responden tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat menjadi sarana meningkatkan daya saing UMKM.

References

[1] W. Khristianto, “Penggunaan Teknologi Informasi di Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada Usaha Kecil Menengah di Wilayah Gedong Meneng),” Seminar Hasil-Hasil Penelitian dan Peng abdian Kepad a Masyarakat- Dies Natalis FISIP Unila Tahun 2012, pp. 282-293, 2012.
[2] Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banyumas, “Data UMKM Kabupaten Banyumas,” Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banyumas, 2015.
[3] S. Maryama, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha,” Jurnal Liquidity, vol. 2, no. 1, pp. 73-79, 2013.
[4] M. Lubis, “Konsumen Indonesia Mulai Menyukai Belanja Online,” The Nielsen Company (US), 09 03 2014. [Online]. Available: http://www.nielsen.com/id/en/pressroom/2014/konsumen-indonesia-mulaimenyukai-belanjaonline.html. [Accessed 2 6 2017].
[5] Y. Yusra, “Masyarakat Indonesia Makin Gemar Berbelanja Online Melalui Aplikasi Mobile” DalilySocial.id, 17 11 2016. [Online]. Available: https://dailysocial.id/post/masyarakat-makingemar-berbelanja-online-melalui-aplikasimobile. [Accessed 2 6 2017].
[6] Rosa A.S. dan M. Salahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2016.
[7] I. Faundra, R. Kridalukmana dan I. P. Windasari, “Aplikasi Pencari Lokasi Ukm Di Tembalang Menggunakan Location Based Service,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 4, no. 4, pp. 518-525, 2016.
[8] K. Prasmadewa dan R. Tanone, “Perancangan Aplikasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah Berbasis Mobile Android ( Studi Kasus : Sentra UMKM Tingkir Lor-Salatiga ),” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Volume 2 Nomor 3 Desember2016, vol. 2, pp. 351-358, 2016.
[9] P. K. Putra dan P. Santoso, “Aplikasi Toko Tas Online Berbasis Android,” Dimensi Teknik Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 12-17, 2013.
[10] N. Agustina, S. Risnanto dan I. Supriadi,“Pengembangan Aplikasi Location Based Service,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. III, no. 1, 2016.
[11] Y. Findawati, F. J. Wicaksono dan R. B. Jakaria, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan UMKM di Sidoarjo Berbasis Web dan Android,” Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika (SELISIK 2016), pp. 68-73, 2016.
[12] I. P. A. Dharmaadi dan D. P. Githa, “Perancangan Aplikasi Private Mobile Cash Register Untuk Memantau Penjualan UMKM,” Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, pp. 403-409, 2016.
[13] M. Samsudin dan C. Ahmadi, “Analisis Mobile Commerce Berbasiskan Android untuk Pemetaan Usaha Kecil dan Menengah di Denpasar Bali,” Jurnal Sistem dan Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 80-86, 2014.
[14] R. Agustina, D. Suprianto dan I. Muslimin, “Analisis Perancangan Pemesanan Makanan Menggunakan Smartphone Berbasis Android,” STIKI Informatika Jurnal, vol. 07, no. 02, pp. 26-30, 2017.
Published
2019-04-16
How to Cite
Faisaldy, M. F., Naf’an, M. Z., & Wijayanto, A. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android sebagai Sarana Meningkatkan Daya Saing UMKM dengan Model Prototipe. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 61-66. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/11