Estimasi Lokasi Pengguna Telepon Seluler GSM pada Lingkungan Indoor

  • Sandryones Palinggi Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Asrawati A. Rahman Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Irawati Razak Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Airin Dewi Utami Politeknik Negeri Ujung Pandang
Keywords: estimasi, lokasi, telepon seluler, triangulasi, jarak encludian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi lokasi pengguna telepon seluler GSM pada frekuensi 914 MHz saat melakukan panggilan / menerima panggilan, mengirim / menerima SMS, ataupun pada saat browsing internet. Adapun metode yang digunakan adalah metode triangulasi. Metode triangulasi adalah cara pendeteksian sinyal telepon seluler (RF) dimana penentuan lokasinya berdasarkan pada lokasi koordinat terkecil yang merupakan pertemuan antara dua atau lebih dari lokasi sampel yang ditentukan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah mengestimasi lokasi seat dari pengguna telepon seluler GSM berdasarkan kuat sinyal yang diterima oleh detektor yang kemudian ditampilkan secara audiovisual dan real-time pada personal computer (PC).

References

[1] Bahl, Paramvir., Venkata and Padmanabhan N, “A Software System for Locating Mobile Users: Design, Evaluation, and Lessons,” 1999. IEEE Journal.
[2] Gwon, Sachin et al, “Robust Indoor Location Estimation of Stationary and Mobile Users,” 2004. IEEE Journal.
[3] Hashemi, “The Indoor Radio Propagation Channel,” 1999. IEEE Journal.
[4] Rappaport, Theodore S, “Wireless Communications,” 2002. New York: Pearson Education International.
[5] Razak, Irawati, “Estimasi Lokasi Robust Indoor Pada Sistem Komunikasi Wireless,” 2006. Thesis Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
[6] Razak, Irawati. dan Ulfiah, Farchia, “Studi tentang Karakteristik Kualitas Sinyal terhadap Profil Gedung dengan Pemodelan Propogasi Radio pada Sistem Komunikasi WLAN,” 2009. Studi Jurnal Media Elektrik, Vol. 4 No.1 Thn 2009 hal. 8-16.
[7] Razak, Irawati. dan Ulfiah, Farchia, “Rancang Bangun Detektor Sinyal Telepon Seluler di Kabin Pesawat Udara Komersil untuk Keselamatan Penerbangan,” 2010. Hibah Bersaing. DIKTI 2010.
Published
2020-03-16
How to Cite
Palinggi, S., Rahman, A., Razak, I., & Utami, A. (2020). Estimasi Lokasi Pengguna Telepon Seluler GSM pada Lingkungan Indoor. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 2(1), 215-223. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/103