Pengukuran Kualitas Website Universitas Telkom Menggunakan Metode WebQual 4.0

  • Ady Purna Kurniawan Universitas Telkom
Keywords: WebQual 4.0, Kualitas Layanan Website, Universitas Telkom

Abstract

Website merupakan salah satu sarana teknologi dalammenyampaikan informasi kepada penggunanya. Universitas Telkom merupakan salah satu instansi pendidikan yang menggunakan website dalam menyampaikan informasi kepada civitas di dalamnya, namun terdapat beberapafitur dan informasi yang kurang lengkap atau bahkan tidak berfungsi sehingga akan mengurangi kualitas layanan website itu sendiri. Metode WebQual 4.0 memberikan pendekatan dalam menilai kualitas sebuah website dari aspek Usability, Information Quality, dan Interaction Quality. Responden yang terlibat adalah 88 dosen dan 100 mahasiswa guna pengambilan data kepuasan user dalam menggunakan website Universitas Telkom. Hasil pengolahan data menunjukkan website Universitas Telkom memliki tingkat Usabilityyang paling tinggi dan berpengaruh oleh dosen dan mahasiswa dengan menyatakan sangat setuju bahwa website memberikan kemudahan untuk setiap layanan. Sedangkan aspek Interaction Qualitymendapatkan nilai terendah dalam memberikan layanan kepada pengguna.

References

[1] Yuhefizar, “10 Jam Menguasai Internet, Teknologi dan Aplikasinya”, Penerbit Elex Media Komputindo : Jakarta, 2008.
[2] Abbas, Wahidin, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)”, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang, Prosiding SNST ke-4, 2013, hal 1-6.
[3] Hapzi, Ali dan Wangra, “Sistem Informasi bisnis SIBIS Dalam Prospektif Keunggulan Konpetitif”, 2010.
[4] Evilla, Consuelo G. et. Al, “Research Methods”. Rex Printing Company. Quezon City,2007.
[5] Heodosia c, Nathalia. “Persepsi Penggunaan Web Site Terhadap Reputasi Hotel”. Jurnal Vol III No. 2, 2012.
[6] Sanjaya, Imam. “Jurnal Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode WebQual”, Jurnal 4.0 Vol 14
No. 1, 2012.
[7] Jogianto, “Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi” Penerbit Andi : Yogyakarta, 2007.
[8] Jonathan, Sarwono. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”, Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2006.
[9] Maslan, Andi, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batam Menggunakan Metode WebQual 4.0.”, Teknik Informatika Universitas Putera Batam, 2013.
[10] Sekaran, Uma, “Research Methods For Business: A Skill Building Aproach, New York-USA: John Wiley and Sons, Inc, 2003.
[11] Sutabri, Tata, “Konsep Sistem Informasi”, Penerbit Andi : Yogyakarta, 2012.
Published
2019-03-05
How to Cite
Kurniawan, A. P. (2019). Pengukuran Kualitas Website Universitas Telkom Menggunakan Metode WebQual 4.0. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1(1), 01-05. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/1