Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi di Institut Teknologi Telkom Purwokerto Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier

  • Cahya Indah Safitri Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Darmansah Darmansah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Okta Verina T.U. Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Sekar Aninditya S.A. Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Desy Okta Suryadiwati Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Metode Naive Bayes Classifier, Kriteria

Abstract

Beasiswa merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada mahasiswa berprestasi yang bertujuan untuk meringankan biaya pendidikan yang sedang ditempuh. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, mahasiswa harus sesuai dengan kriteria yang di tentukan pada setiap perguruan tinggi. Masing-masing perguruan tinggi mempunyai sistem tersendiri dalam menentukan kandidat mahasiswanya, hal ini bermaksud untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing. Oleh karena itu, penelitian ini membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu menyeleksi calon mahasiswa yang layak untuk mendapatkan beasiswa. Metode yang digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan ini yaitu metode NBC, metode ini menggunakan konsep probabilitas sehingga dapat digunakan untuk menentukan calon mahasiswa berprestasi. Sistem ini diharapkan dapat digunakan secara optimal dan dapat berfungsi dengan baik dalam melakukan seleksi beasiswa.

References

[1] N. E. Putri and T. Saleh, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING PADA STMIK INDONESIA PADANG,” vol. 9, no. 1, pp. 13–29, 2016.
[2] A. N. Husna, F. N. R. Hidayati, and J. Ariati, “REGULASI DIRI MAHASISWA BERPRESTASI,” vol. 13, no. 1, pp. 50–63,2014.
[3] M. M. Amin, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN PROPAGATION,” vol. 2, no. 1, pp. 10–24, 2016.
[4] I. Purnamasari and K. Afnisari, “Performansi Klasifikasi Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” vol. XX, no. 2, pp. 45–50, 2018.
[5] A. Saleh, J. K. L. Yos, S. Km, and T. Mulia, “KLASIFIKASI METODE NAIVE BAYES DALAM DATA MINING UNTUK MENENTUKAN KONSENTRASI SISWA ( STUDI KASUS DI MAS PAB 2 MEDAN ),” pp. 200–208,2014.
[6] K. Riset and D. A. N. P. Tinggi, “PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI ( PILMAPRES ) PROGRAM SARJANA,”2018.
Published
2020-03-16
How to Cite
Safitri, C., Darmansah, D., T.U., O., S.A., S., & Suryadiwati, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi di Institut Teknologi Telkom Purwokerto Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Conference on Electrical Engineering, Telematics, Industrial Technology, and Creative Media (CENTIVE), 2(1), 174-184. Retrieved from http://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/99
Section
Articles