Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Fasilitas Guna Mengembangkan Industri Kecil Menengah di Kabupaten Banyumas Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

  • Ella Manisa B.R.K. Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Yudha Saintika Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Martina Fajariyanti Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Puspita Pawestrining Tias Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Wike Parwati Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dwi Januarita A.K. Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: aman, android, arduino, praktis, rumah pintar

Abstract

Rumah Pintar atau Smart Home merupakan tempat tinggal yang menghubungkan antara perangkat listrik dengan perangkat komunikasi , seperti dengan menggunakan jaringan internet dan juga menggunakan gawai yang terintegrasi pada jarigan yang sama untuk mengatur kecerahan lampu, untuk melihat keamanan rumah dari jarak jauh, dan juga untuk kepraktisan pemilik rumah untuk mengatur jadwal kapan lampu atau perangkat yang di rumah untuk di nyalakan. Sistem perangkat Smart Home atau Rumah pintar ini di pasaran masih tergolong mahal dan komponen – komponen yang di dalam sistem Smart Home sangat langka atau bisa di bilang harus import dari Luar Negeri, tetapi komponen – komponen lunak atau software bisa digunakan seperti Arduino IDE sebagai perintah dari alat Arduino itu sendiri, Eagle sebagai pembuat PCB dan skema arus listrik, APP inventor2 atau Andorid Studio sebagai layanan dari perangkat pengguna. Rumah Pintar ini dapat menghemat energi dan mengurangi sebagian polusi yang berada di bumi ini. Tujuan penelitian ini untuk memberi gambaran tentang sistem Rumah Pintar atau Smart Home dengan memanfaatkan sekali jaringan IP (Internet Protocol), dengan menggunakan TCP/IP dapat menghubungkan semua perangkat menggunakan Protocol yang sama. Sehigga mudah untuk berkomunikasi antar perangkat. Untuk memudahkan pengguna, perangkat dapat mengakses dengan menggunakan aplikasi yang sudah di install dan internet yang memadai.

References

[1] Kabupaten Banyumas. Retrieved Oktober Kamis, 30, 2019, from https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Banyumas.
[2] INDONESIA, D. K. (n.d.). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA. Retrieved Oktober Kamis, 30, 2019, from https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/1984/5T AHUN~1984UU.htm.
[3] F. Hilda, A. W. Nuruddin, A. A. Suryanto, P. Ronggolawe, P. Ronggolawe, and P. Ronggolawe, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Penerima Fasilitasi Bagi Pelaku Usaha Ikm (Industri Kecil Dan Menengah) Pada Diskoperindag Tuban Dengan
[4] S. Suhada, T. Hidayatulloh, and S. Fatimah, “Penerapan Fuzzy MADM Model Weighted Product dalam Pengambilan Keputusan Kelayakan Penerimaan Kredit di BPR Nusamba Sukaraja (The Application of Fuzzy MADM Model Weighted Product in Decisions Support of Credit Worthiness in the BPR Nusamba Sukaraja),” e-ISSN: 2579-9801, vol. VI, pp. 61–71, 2018.
[5] R. Relita Buaton, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Menengah Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus Dinas Koperasi, Ukm, Perindustrian Dan Perdagangan Kota Binjai),” Inf. Dan Teknol. Ilm., Vol. III, No. 2, 2014.
[6] A. A. Sembiring, A. S. Sembiring, And S. R. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Menengah Di Kabupaten Karo Menggunakan Metode Topsis,” Maj. Ilm. Inti, Vol. 13, No. 2, P. 199, 2018.
[7] A. Bengnga And N. Pakaya, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Kapal Pemuda Nusantara Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (Wp),” Ilk. J. Ilm., Vol. 9, No. 3, P. 331, 2017.
[8] C. R. Hidayat, T. Mufizar, And M. D. Ramdani, “Implementasi Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan Bpjs Kesehatan Tasikmalaya,” Konf. Nas. Sist. Inf. 2018, No. March, Pp. 530–541, 2018.
[9] L. Kristiyanti, A. Sugiharto, and H. A. Wibawa, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pengajar Les Privat Untuk Siswa Lembaga Bimbingan Belajar Dengan Metode Ahp (Studi Kasus Lbb System Cerdas),” J. Masy. Inform., vol. 4, no. 7, pp. 39–47,2013
Published
2020-03-16
How to Cite
B.R.K., E., Saintika, Y., Fajariyanti, M., Tias, P., Parwati, W., & A.K., D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Fasilitas Guna Mengembangkan Industri Kecil Menengah di Kabupaten Banyumas Menggunakan Metode Weighted Product (WP). Conference on Electrical Engineering, Telematics, Industrial Technology, and Creative Media (CENTIVE), 2(1), 132-146. Retrieved from http://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/96
Section
Articles