Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Artificial Neural Network (ANN) di Institut Teknologi Telkom Purwokerto

  • Deri Haryanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Cepi Ramdani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Windi Solihatin Wahidah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Asha Gita Dinia Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Silvia Oktaviani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Artificial Neural Network, Backpropagation, Pengambilan Keputusan, Beasiswa

Abstract

Salah satu perguruan tinggi swasta yang menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi adalah Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Penyeleksian bagi calon penerima beasiswa terbilang masih cukup banyak kendala, terutama dalam hal pengolahan data yang masih harus dikelola secara manual. Adanya penelitian ini adalah untuk memprediksi mahasiswa mana yang berprestasi dan layak untuk menerima beasiswa dengan cepat dan tepat. Didukung oleh sebuah sistem pendukung keputusan Penentuan Penerima Beasiswa, yang menggunakan metode Artificial Neural Network atau ANN dengan salah satu jenis nya adalah Backpropagation yang dapat meningkatkan tingkat ketepatan prediksi dalam pendistribusian beasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perancangan sistem pendukung keputusan penentuan penerimaan beasiswa, dengan hasil akhir nya yaitu berdasarkan output yang dikeluarkan pada hidden layer. Jika output > 0.5 atau mendekati 1 maka “Diterima”, tetapi jika < 0.5 dan mendekati 0 maka “Ditolak”. Penelitian ini ditujukan untuk membantu penentuan penerimaan beasiswa di Institut Teknologi Telkom Purwokerto dengan adanya rancang bangun sistem pendukung keputusan.

References

[1] E. Ali, Susandri, and Rahmaddeni, “Manajemen Sistem Data dan Informasi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi,” J. Inform. IIB Darmajaya, 2014.
[2] A. Pujianto, K. Kusrini, and A. Sunyoto, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Prediksi Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Neural Network Backpropagation,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 157, 2018.
[3] L. Yulianti, “Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Dalam Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Untuk Memilih Perguruan Tinggi,”Media Infotama, vol. 9, no. 2, p. 45, 2013.
[4] A. Hermawan, Jaringan Saraf Tiruan, Teori dan Aplikasi, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2006.
[5] S. Organizing, A. Memory, and V. Quantization, “Fungsi Aktivasi: Metode pelatihan yang digunakan berdasarkan Jumlah Layer dalam ANN Perceptron,” no. v, pp. 1–5, 2018.
Published
2020-03-16
How to Cite
Haryanto, D., Ramdani, C., Wahidah, W., Dinia, A., & Oktaviani, S. (2020). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Artificial Neural Network (ANN) di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Conference on Electrical Engineering, Telematics, Industrial Technology, and Creative Media (CENTIVE), 2(1), 103-114. Retrieved from http://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/94
Section
Articles