Penerapan Linier Programming Untuk Menentukan Perkiraan Biaya Pembangunan Gedung Pada Proyek (Studi Kasus: Mega Proyek Purwokerto City Center (PCC) Bangunan Mall dan Hotel)

  • Shobun Kollied Anwar Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Cepi Ramdani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Raditya Dava Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muhammad Lukman Hakim Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Bergas Pamungkas Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dwi Januarita A.K. Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Data jumlah angka pada Purwokerto City Center (PCC), Linear Programming, Purwokerto City Center

Abstract

Dengan berkembangnya industry pusat keramaian pada suatu daerah, adanya pasar modern dan hotel yang selalu menjadi kebutuhan suatu kota. Pada Mega proyek ini sering terjadi kesalahan dalam data jumlah perencanaan mengenai pengelolaan keuangan seperti estimasi pembiayaan. Tujuan pada penelitian ini bisa di simpulkan untuk meminimalisir kehilangan data jumlah anggaran pembayaran pekerja pada Mega Proyek PCC. Makalah ini menyajikan suatu metodologi linear programming dengan objek pengambilan data nominal angka dari perusahaan Mega proyek Purwokerto City Center (PCC). Dari masalah yang dibahas dalam makalah ini dan diselesaikan dengan metode yang sesuai yaitu Linear Programming untuk selanjutnya dilakukannya penerapan perencanaan anggaran untuk pekerja dalam Mega Proyek Purwokerto City Center (PCC) sehingga Perencanaan suatu Proyek akan optimal dan efisien.

References

[1] Satelit Post. 2019. Akses Online pada 4 November 2019, pada https://satelitpost.com/regional/purwokerto/mega-proyek-pccmulai-digarap.
[2] Kasih Lina. 2019. Akses Online pada 4 November 2019, pada https://joss.co.id/2019/09/pcc-superblok-pertama-di-pusat-kotapurwokerto-mulai-konstruksi-awal-2020.
[3] Radar Banyumas. 2019. Akses Online pada 4 November 2019, pada https://radarbanyumas.co.id/purwokerto-city-center-segeradibangun.
[4] Wahyuni, Sri Ngudi. 2016. Pendekatan Model Linier Programming Untuk Perencanaan Sumberdaya Proyek Sistem Informasi (Studi Kasus: Proyek CAMS STMIK AMIKOM Yogyakarta), Vol. 17, No. 1, Edisi: Maret 2016, ISSN: 1411 – 3201.
[5] Leatemia, Kristi Elsina. Mandagi, R.J.M. Tarore, H. Malingkas, G. Y. 2013. Optimasi Biaya Dan Durasi Proyek Menggunakan Program LINDO (Studi Kasus: Pembangunan Dermaga Penyeberangan Salakan Tahap II), Vol. 1, No. 4, Edisi: Maret 2013, ISSN: 226 – 232.
[6] Ujianto, Bayu Teguh. Anwar, M. Ruslin. Bisri, Mohammad. 2014. Optimasi Anggaran Proyek Konstruksi Dengan Linier Programming Studi Kasus: Pilar Panca Group, Vol. XII, Nomor 23.
[7] Ardiansyah Arifin Muhammad Faizal. 2016. Optimasi Pendanaan Proyek Pembangunan Gedung Velodrome Dengan Teknik Pemrograman Linier, Vol. 18, No. 1, Edisi: Januari 2016.
Published
2020-03-16
How to Cite
Anwar, S., Ramdani, C., Dava, R., Hakim, M., Pamungkas, B., & A.K., D. (2020). Penerapan Linier Programming Untuk Menentukan Perkiraan Biaya Pembangunan Gedung Pada Proyek (Studi Kasus: Mega Proyek Purwokerto City Center (PCC) Bangunan Mall dan Hotel). Conference on Electrical Engineering, Telematics, Industrial Technology, and Creative Media (CENTIVE), 2(1), 83-86. Retrieved from http://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/92
Section
Articles