Penerapan Algoritma A Star Untuk Pencarian Rute Terpendek Puskesmas Rawat Inap Di Banyumas

  • Mirza Ali Arsyad Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Didi Supriyadi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Veronica Anggie Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Lidiya Nur Hidayah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Deny Putri Pratiwi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: A Star, A*, Puskesmas, SPK

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu aspek yang vital dalam masyarakat. Sebagai penyedia layanan kesehatan, di kabupaten Banyumas telah tersebar beberapa Puskesmas dengan jumlah total 39 Puskesmas. Puskesmas memiliki dua pelayanan berupa rawat inap dan non rawat inap. Untuk Puskesmas dengan pelayanan rawat inap berjumlah 14 yang tersebar di beberapa titik di kabupaten Banyumas. Namun masih terdapat beberapa kendala seperti kurangnya informasi dalam
menentukan jarak Puskesmas terdekat dan rute tercepat menuju Puskesmas tersebut. Pada penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi pencarian Puskesmas rawat inap terdekat dengan rute terpendek dari titik pengguna menggunakan metode Algoritma A Star. Algoritma A* atau sering disebut dengan Algoritma A Star adalah salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk menentukan total lintasan terpendek dalam menyelesaikan suatu permasalahan sehingga dapat
memberikan solusi yang optimal. Dengan adanya system ini diharapkan akan membantu masyarakat Purwokerto dalam mencari rute terpendek menuju Puskesmas yang mereka tuju.

References

[1] Purnama, S., Megawaty, D.A., Fernando, Y. (2018). Penerapan Algoritma A Star (A*) Untuk Penentuan Jarak Terdekat Wisata Kuliner Di Kota Bandarlampung. Jurnal teknoinfo, Vol. 12 No. 1, 1693-0010.
[2] Hermanto, D., Dermawan, S. (2018). Penerapan Algoritma A-Star Sebagai Pencari Rute Terpendek pada Robot Hexapod. Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol. 7 No. 2, 2302 - 2949.
[3] Dalem, I.B.G.W.A. (2018). Penerapan Algoritma A* (Star) Menggunakan Graph Untuk Menghitung Jarak Terpendek. Jurnal Resistor, Vol. 1 No. 1, 2598 - 7542.
[4] Ahmad, I., Widodo, W. (2017). Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol. 3 No.2, 2477 – 698X.
[5] Zikky, M. (2016). Review of A* (A Star) Navigation Mesh Pathfinding as the Alternative of Artificial Intelligent for Ghosts Agent on the Pacman Game. EMITTER International Journal of Engineering Technology, Vol. 4, No.1. 2443-1168.
[6] Setiawan, K., Supriyadin. (2018). Menghitung Ruteterpendekmenggunakan Algoritma A* Dengan Fungsi Euclidean Distance. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta, 23-24 Maret 2018.Hal 70-79.
Published
2020-03-16
How to Cite
Arsyad, M., Supriyadi, D., Anggie, V., Hidayah, L., & Pratiwi, D. (2020). Penerapan Algoritma A Star Untuk Pencarian Rute Terpendek Puskesmas Rawat Inap Di Banyumas. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 2(1), 74-82. Retrieved from https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/91