Perancangan Prototype Smart Home Menggunakan Arduino

  • Muhammad Aqilla F.H. Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: aman, android, arduino, praktis, rumah pintar

Abstract

Rumah Pintar atau Smart Home merupakan tempat tinggal yang menghubungkan antara perangkat listrik dengan perangkat komunikasi , seperti dengan menggunakan jaringan internet dan juga menggunakan gawai yang terintegrasi pada jarigan yang sama untuk mengatur kecerahan lampu, untuk melihat keamanan rumah dari jarak jauh, dan juga untuk kepraktisan pemilik rumah untuk mengatur jadwal kapan lampu atau perangkat yang di rumah untuk di nyalakan. Sistem perangkat Smart Home atau Rumah pintar ini di pasaran masih tergolong mahal dan komponen – komponen yang di dalam sistem Smart Home sangat langka atau bisa di bilang harus import dari Luar Negeri, tetapi komponen – komponen lunak atau software bisa digunakan seperti Arduino IDE sebagai perintah dari alat Arduino itu sendiri, Eagle sebagai pembuat PCB dan skema arus listrik, APP inventor2 atau Andorid Studio sebagai layanan dari perangkat pengguna. Rumah Pintar ini dapat menghemat energi dan mengurangi sebagian polusi yang berada di bumi ini. Tujuan penelitian ini untuk memberi gambaran tentang sistem Rumah Pintar atau Smart Home dengan memanfaatkan sekali jaringan IP (Internet Protocol), dengan menggunakan TCP/IP dapat menghubungkan semua perangkat menggunakan Protocol yang sama. Sehigga mudah untuk berkomunikasi antar perangkat. Untuk memudahkan pengguna, perangkat dapat mengakses dengan menggunakan aplikasi yang sudah di install dan internet yang memadai.

References

[1] Putro, M. Dwisnanto, Feisy D. Kambey, “Sistem Pengaturan Pencahayaan Ruangan Berbasis Android pada Rumah Pintar,” JNTE, Vol.5, No.3, pp.2302-2949, November 2016.
[2] Abidin, Zainal, Susmini Indriani Lestariningati, “Sistem Keamanan dan Monitoring Rumah Pintar Secara Online Menggunakan Perangkat Mobile”, Vol. 3, No. 2, 2014.
[3] Jaelani, Iskandar, “Rancang Bangun Rumah Pintar Otomatis Berbasis Sensor Suhu, Sensor Cahaya, dan Sensor Hujan”, Vol. 5, No. 1, pp. 2301-8402, Januari – Maret 2016.
[4] Dhiwantara, Aditya, “Rumah Pintar Berbasis Mikrokontroler dan Android Sebagai Pengendali”, pp. 12–16, Maret 2016.
[5] Krisnadi, Irwan, “Analisis Kelayakan dan Implementasi Perancangan SistemKeamanan Rumah Pintar Berbasis Mikrokontroler Arduino ATmega 2560, GBoard PRO dan Arduino Wi-Fi SHIELD”, April 2016.
Published
2020-03-16
How to Cite
F.H., M. (2020). Perancangan Prototype Smart Home Menggunakan Arduino. Conference on Electrical Engineering, Telematics, Industrial Technology, and Creative Media (CENTIVE), 2(1), 53-56. Retrieved from http://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/87
Section
Articles